PS4 "Hang" setelah Menerima Pesan Misterius

Kompas.com - 15/10/2018, 13:08 WIB
Inikah kotak PS4 Slim? PolygonInikah kotak PS4 Slim?

KOMPAS.com - Jika Anda pemilik konsol PlayStation 4 ( PS4) maka berhati-hatilah saat ada pesan misterius yang masuk pada konsol Anda. Pasalnya pesan tersebut bisa menyebabkan konsol PS4 hang dan rusak karena adanya bug yang cukup berbahaya.

Bug ini diketahui menimpa sejumlah pengguna PS4 yang kemudian ramai-ramai memperingatkan para pengguna PS4 lainnya di media sosial.

Lewat forum Reddit, para pengguna ini melaporkan adanya pesan masuk berisi serangkaian karakter yang kemudian menyebabkan konsol menjadi crash.

Menurut penuturan para pengguna, bug ini membuat para pemilik konsol PS4 harus me-restart konsol agar kembali bisa berjalan normal.

Namun ada beberapa kasus di mana konsol PS4 yang crash ini tak bisa diperbaiki hanya dengan me-restart secara paksa. Melainkan harus disetel ulang ke pengaturan pabrik agar dapat kembali normal.

Baca juga: Lama Dinanti, Gamer PlayStation Akhirnya Bisa Mengganti “Username” PSN

Dampaknya adalah, meski konsol dapat kembali berjalan secara normal, game beserta data lain yang tersimpan di dalam konsol akan hilang sepenuhnya.

Dalam forum Reddit, para pengguna melihat bug ini serupa dengan masalah yang pernah menimpa iPhone di tahun 2015. Kala itu iPhone yang menerima pesan berkarakter tertentu menjadi crash dan mati seketika.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (15/10/2018), pihak Sony pun mengatakan akan segera merilis pembaruan sistem guna menutup celah keamanan ini.

Sembari menunggu pembaruan ini dirilis, Sony mengimbau pengguna agar menghapus pesan-pesan misterius yang masuk pada konsol lewat aplikasi Sony PlayStation Message yang ada di Android dan iOS.

Agar lebih aman, pengguna pun diimbau untuk mematikan fungsi berkirim pesan sementara waktu. Pengguna bisa menon-aktifkan fungsi pesan tersebut lewat menu Personal Info kemudian pilih opsi Messages.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X