Pendapatan Apple App Store Nyaris 2 Kali Lipat Google Play Store

Kompas.com - 15/10/2018, 18:12 WIB
Apple App StoreApple Apple App Store

KOMPAS.com - Pada kuartal III-2018 ini, toko aplikasi Apple, App Store kembali mengungguli perolehan pendapatan toko aplikasi Google, Play Store.

Menurut lembaga riset Sensor Tower, App Store mencatat pemasukan 12 miliar dollar AS dalam kurun waktu tiga bulan yang berakhir pada September 2018 lalu, dari hasil penjualan aplikasi dan game di.

Angka ini meningkat signifikan, yakni sebesar 23,3 persen dari periode yang sama pada 2017 lalu.

Sebagian besar pendapatan ini diperoleh dari hasil penjualan game yang menyumbang 8,5 milliar dollar AS secara global selama tiga bulan terakhir. Jumlah ini juga mencatatkan kenaikan sebesar 12,8 persen dari pendapatan pada kuartal ketiga 2017 lalu.

Sementara Google dengan App Store, meski mencatatkan pendapatan yang meningkat, namun angka yang diraih tak sebesar App Store. Bahkan pemasukan yang tercatat hanya setengah dari yang diperoleh App Store, yakni sekitar 6,2 miliar dollar AS selama periode Juli hingga September.

Artinya, App Store mendulang keuntungan 94 persen lebih besar atau hampir dua kali lipat dari Play Store selama tiga bulan terakhir.

Kendati demikian, pendapatan Google pun tercatat naik dari tahun sebelumnya. Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin (15/10/2018), Google berhasil mencatat kenaikan sebesar 21,5 persen di periode yang sama.

Pendapatan App Store Kuartal Ketiga 2018Sensor Tower Pendapatan App Store Kuartal Ketiga 2018

Sama seperti Apple App Store. Google Play Store juga meraup banyak pendapatan dari hasil penjualan game dan itemnya. Dari angka 6,2 miliar dollar AS, 5,3 miliar berasal dari penjualan game.

Peningkatan ini segaris lurus dengan naiknya jumlah penjualan perangkat Android murah di negara berkembang. Jumlah unduhan di Google Play Store tercatat mencapai 19,5 miliar sedangkan App Store 7,6 miliar.

Jika dikumulasikan, pendapatan App Store dan Play Store yang mencapai 18,2 miliar dollar AS ini naik 22,7 persen dari tahun lalu. Pada periode yang sama di tahun 2017, pendapatan gabungan dari dua toko aplikasi ini mencapai angka sebesar 14,8 miliar dollar AS.

Artinya setiap tahun jumlah unduhan yang dilakukan kedua pengguna platform ini terus meningkat. Khususnya unduhan berupa game dan item yang ada di dalamnya.

Kendati demikian, Sensor Tower tidak memberi informasi lebih rinci aplikasi apa saja yang menjadi penyumbang pendapatan terbesar dari kedua platform tersebut.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X