Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Rilis Premiere Rush CC, Aplikasi Edit Video untuk YouTuber

Kompas.com - 16/10/2018, 12:09 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Dalam ajang MAX 2018 yang digelar Adobe awal pekan ini, perusahaan software tersebut memperkenalkan serangkaian aplikasi baru yang ditujukan untuk para kreator konten dan YouTuber.

Salah satunya adalah aplikasi video editing Premiere Rush CC yang dirancang agar lebih mudah digunakan, dibanding aplikasi Premiere Pro CC reguler, khususnya di perangkat mobile macam smartphone dan tablet.

Premiere Rush CC bisa melakukan berbagai macam hal terkait proses penyuntingan video profesional, mulai dari capturing, editing, color correction, hingga audio dan grafis di perangkat mobile. Video hasil akhirnya bisa langsung diunggah ke YouTube, Instagram, atau platform media sosial lain.

“(Dengan Premiere Rush CC), kreator konten tak perlu jadi ahli video, warna, atau audio untuk bisa menghasilkan video berkualitas profesional,” ujar Adobe, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (16/10/2018).

Baca juga: VSCO Rilis VSCO X, Aplikasi Editing Foto Sinematik

Sesuai dengan peruntukannya bagi para YouTuber dan kreator konten di media sosial, Premiere Rush CC mendukung format video portrait, square, atau landscape, tergantung platform medsos tujuan publikasi.

Selain itu, proyek video bisa dengan mudah diakses dari perangkat-perangkat berbeda (sinkronisasi) dengan bantuan layanan Creative Cloud CC Adobe. Proyek video yang dikerjakan di smartphone atau tablet misalnya, bisa dilanjutkan dan dipublikasikan dari PC laptop/desktop.

Premiere Rush CC sendiri bakal tersedia untuk perangkat smartphone dan tablet berbasis iOS (iPad, iPhone) dan Android, berikut desktop berbasis Mac OS dan Windows. Adobe menjanjikan user experience yang seragam bagi aplikasi Premiere Rush CC di semua platform hardware ini.

Adobe Premiere Rush CC kini sudah ada untuk platform desktop dan mobile iOS, sementara versi Android akan menyusul di kemudian waktu.

Seperti biaanya, untuk aplikasi editing Adobe belakangan ini, Premiere Rush CC hanya bisa diperoleh lewat langganan seharga 10 dollar AS (Rp 152.000) per bulan untuk pengguna invididu, atau 20 dollar AS (Rp 304.000) untuk tim.

Pengguna Adobe yang sudah berlangganan Premiere Pro CC, paket student plan, atau All Apps akan mendapatkan Premiere Rush CC dalam paket langanannya secara cuma-cuma.

Demonstrasi Premiere Rush CC dapat dilihat dalam tayangan video di tautan berikut.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com