Earphone dengan “Google Assistant” Bisa Menerjemahkan Lawan Bicara

Kompas.com - 16/10/2018, 17:21 WIB
Google Pixel Buds. GoogleGoogle Pixel Buds.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Seperti seorang interpreter, earphone nirkabel Pixel Buds besutan Google mampu menerjemahkan kata-kata dari lawan bicara langsung ke telinga penggunanya berkat teknologi Google Translate.

Kemampuan penerjemahan itu awalnya hanya tersedia secara eksklusif di earphone Pixel Buds yang dipasangkan dengan smartphone Google Pixel.

Namun, baru-baru ini, laman resmi Google Support menyebut bahwa Google Translate sudah bisa dipakai di earphone lain yang mendukung teknologi software asisten pribadi Google Asistant di ponsel non-Pixel berbasis Android.

"Google Translate tersedia di semua headphone ponsel berbasis Android yang menggunakan Google Assistant.” sebut laman resmi Google.

Pernyataan itu diam-diam diubah oleh Google pada akhir pekan lalu, setelah sebelumnya berbunyi “Google Translate di Google Pixel Buds hanya tersedia di ponsel Pixel,” sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Droid Life, Selasa (16/10/2018).

Baca juga: Googel Pixel Buds, Pesaing Airpods Bisa Terjemahkan Bahasa Langsung

Perlu ditambahkan bahwa earphone yang digunakan mesti mendukung teknologi Google Assistant, demikian juga dengan smartphone yang dipakai. Selain itu harus ada sambungan internet untuk menjalankan penerjemahan.

Belum ada daftar earphone mana saja yang bisa digunakan menerjemahkan lawan bicara via Google Translate seperti Pixel Buds.

Beberapa model earphone seperti Bose QC35 II  Sony 1000XM2, LG Tone Platinum, dan JBL Everest 110GA diketahui mendukung Google Assistant dan bisa dijajal.

Cara menerjemahkan

Mekanisme penggunaannya terbilang cukup sederhana.  Pertama-tama -apabila menggunakan Pixel Buds- sentuh dan tahan earbud di telinga kanan dengan jari untuk memanggil Google Assistant.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Droid Life
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X