Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Earphone dengan “Google Assistant” Bisa Menerjemahkan Lawan Bicara

Kompas.com - 16/10/2018, 17:21 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Droid Life

KOMPAS.com - Seperti seorang interpreter, earphone nirkabel Pixel Buds besutan Google mampu menerjemahkan kata-kata dari lawan bicara langsung ke telinga penggunanya berkat teknologi Google Translate.

Kemampuan penerjemahan itu awalnya hanya tersedia secara eksklusif di earphone Pixel Buds yang dipasangkan dengan smartphone Google Pixel.

Namun, baru-baru ini, laman resmi Google Support menyebut bahwa Google Translate sudah bisa dipakai di earphone lain yang mendukung teknologi software asisten pribadi Google Asistant di ponsel non-Pixel berbasis Android.

"Google Translate tersedia di semua headphone ponsel berbasis Android yang menggunakan Google Assistant.” sebut laman resmi Google.

Pernyataan itu diam-diam diubah oleh Google pada akhir pekan lalu, setelah sebelumnya berbunyi “Google Translate di Google Pixel Buds hanya tersedia di ponsel Pixel,” sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Droid Life, Selasa (16/10/2018).

Baca juga: Googel Pixel Buds, Pesaing Airpods Bisa Terjemahkan Bahasa Langsung

Perlu ditambahkan bahwa earphone yang digunakan mesti mendukung teknologi Google Assistant, demikian juga dengan smartphone yang dipakai. Selain itu harus ada sambungan internet untuk menjalankan penerjemahan.

Belum ada daftar earphone mana saja yang bisa digunakan menerjemahkan lawan bicara via Google Translate seperti Pixel Buds.

Beberapa model earphone seperti Bose QC35 II  Sony 1000XM2, LG Tone Platinum, dan JBL Everest 110GA diketahui mendukung Google Assistant dan bisa dijajal.

Cara menerjemahkan

Mekanisme penggunaannya terbilang cukup sederhana.  Pertama-tama -apabila menggunakan Pixel Buds- sentuh dan tahan earbud di telinga kanan dengan jari untuk memanggil Google Assistant.

Selanjutnya, perintahkan Google Assistant dengan suara untuk bantu menerjemahkan bahasa. Misalnya “Help me interpret Spanish” (bantu saya menerjemahkan bahasa Spanyol).

Assistant kemudian akan menjalankan Google Translate di mode percakapan dengan mode penerjemahan bahasa yang diminta (Spanyol, dalam contoh di atas) ke bahasa default pengguna.

Setelah itu dua aksi yang bisa dilakukan. Pertama adalah menerjemahkan kata-kata dalam bahasa asal pengguna untuk didengar lawan bicara dalam bahasa tujuan terjemahan.

Cara melakukannya, sentuh dan tahan earbud kanan dengan jari, lalu bicara dalam bahasa yang tertera di bawah ikon headset. Lepaskan jari saat sudah selesai dan ponsel akan membacakan hasil terjemahan lewat speaker supaya bisa didengar lawan bicara.

Aksi kedua adalah menerjemahkan kata-kata lawan bicara. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol mikrofon di tampilan aplikasi Google Translate di ponsel. Setelah mendengar bunyi bel, minta lawan percakapan untuk mulai bicara dalam bahasa yang akan diterjemahkan.

Setelah selesai, lepaskan jari dari tombol mikrofon, audio dalam bahasa hasil terjemahan akan diputar langsung ke telinga pengguna lewat earphone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Droid Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com