Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Layanan Path Berhenti Total Besok

Kompas.com - 17/10/2018, 17:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebulan lalu, jejaring sosial Path resmi mengonfirmasi kabar penutupannya. Jika menilik jadwal penutupan, tanggal 1 Oktober lalu, aplikasi Path sudah tidak bisa diperbarui di toko aplikasi, baik Android maupun iOS.

Selanjutnya, tepat esok hari, Kamis (18/10/2018), layanan Path bakal dihentikan total. Alhasil, para pengguna Path tidak akan bisa lagi membuka jaringan sosial itu lagi setelah esok hari. Kemudian, Path akan menutup layanan customer service pada 15 November mendatang.

"Dengan penyesalan mendalam kami mengumumkan bahwa kami akan berhenti menyediakan layanan kami yang dicintai, Path," tulis tim Path dalam unggahan berisi pengumuman di situsnya dengan judul "The Last Goodbye".

Baca juga: Tahapan Penutupan Path, dari Penarikan Aplikasi hingga Berhenti Total

Penutupan Path sempat menghebohkan warganet. Mereka berbondong-bondong untuk mengenang kembali aktivitasnya bersama Path di Twitter dan Instagram Stories.

"Sepanjang perjalanan, kami telah tertawa dan menangis bersama Anda. Kini penutupan layanan sudah tidak terhindarkan untuk memprioritaskan kerja kami, untuk menyediakan produk dan layanan yang lebih baik untuk Anda," lanjut Path.

Jejaring sosial ini pun sempat menjadi tren di Indonesia, di mana negara ini juga menjadi pengguna terbesar Path. Namun minimnya inovasi dan penyimpangan konsep awal, disinyalir menjadi alasan Path tertinggal dari jejaring sosial lain, seperti Instagram atau Twitter.

Baca juga: Salah Langkah dan Ingkari Konsep, Alasan Path Tak Lagi Berkembang

Pembaruan teranyar sekaligus terakhir Path adalah fitur berbasis video, di mana pengguna bisa mengeksplorasi konten-konten menarik di Path.

Sebelum resmi ditutup, pengguna bisa menyelamatkan kenangan arsip data mereka berupa foto, teks, dan video yang diunggah ke Path. Caranya bisa disimak di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com