Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar, Bocoran Spesifikasi Prosesor Snapdragon 8180 untuk Laptop

Kompas.com - 18/10/2018, 06:54 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Mendengar kata Snapdragon, akan terlintas di benak beberapa orang tentang smartphone yang menggunakan System-on-Chip  (SoC) besutan Qualcomm itu.

Namun, Qualcomm dikabarkan tengah menyiapkan chip untuk laptop yang akan diluncurkan Desember mendatang. Bocoran tentang spesifikasi chip bernama Snapdragon 8180 ini belakangan beredar di internet.

Julukan sang SoC bersesuaian dengan rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa chip laptop Qualcomm bakal diberikan skema nama baru dengan empat angka (seri Snapdragon 1000)

Biasanya, chip Snapdragon untuk perangkat mobile menggunakan tiga angka, misalnya Snapdragon seri 800, 600, dan 400. Tambahan satu angka agaknya dimaksudkan untuk menegaskan peruntukkan Snapdragon 8180 sebagai chip untuk laptop.

Menimbang bahwa Snapdragon 8180 ditujukan untuk memperkuat perangkat yang lebih besar dari smartphone dan tablet, dimensi fisik chip ini pun disebut akan lebih besar daripada saudaranya di platform smartphone.

SoC yang memperkuat kebanyakan smartphone 2018 saat ini, misalnya, memiliki luas permukaan 12,4 x 12,4 mm. Sementara, Snapdragon 8180 kabarnya akan berukuran 20 x 15 mm.

Kendati demikian, menurut informasi dalam rumor yang dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (19/10/2018) itu, Snapdragon 8180 disebut bakal dibuat dengan proses fabrikasi 7nm yang terbaru dan termungil.

Baca juga: Qualcomm Siapkan Chip Snapdragon 1000, Bukan untuk Ponsel

Bisa dilepas-pasang?

Jeroan Snapdragon 8180 kabarnya akan terdiri dari empat inti CPU Cortex-A76 "Gold" 3 GHz, dan empat inti CPU Cortex-A55 "Silver" 1,8 GHz, berikut NPU-130 untuk menangani tugas-tugas terkait pengolahan AI.

Yang menarik, menurut informasi terdahulu, Snapdragon 8180 bakal datang dengan kemasan socket layaknya prosesor-prosesor laptop dan desktop.

Kalau benar, maka chip Snapdragon 8180 mungkin bisa dilepas-pasang untuk diganti, misalnya saat pengguna ingin upgrade.

Ini berbeda dari SoC mobile yang sudah disolder ke motherboard sehingga tidak bisa diganti-ganti. Perangkat smartphone dan tablet memang tidak dimaksudkan untuk dibongkar sendiri oleh pengguna.

Snapdragon 8180 ditujukan untuk sistem operasi Windows 10 versi ARM, seperti yang sebelumnya sudah pernah digunakan di laptop berbasis Snapdragon 835.

Bedanya, Snapdragon 835 sejatinya merupakan SoC yang dirancang untuk gadget mobile, bukan laptop. Sementara Snapdragon 8180 disinyalir sejak awal memang dikembangkan untuk laptop.

Belum diketahui pasti pabrikan mana saja yang bakal memakai Snapdragon 8180. Asus kabarnya bakal menjadi salah satu yang pertama lewat produk laptop Primus pada awal 2019 nanti.

Baca juga: Qualcomm Tuduh Apple Curi Resep Rahasia untuk iPhone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com