Beredar, Bocoran Spesifikasi Prosesor Snapdragon 8180 untuk Laptop

Kompas.com - 18/10/2018, 06:54 WIB
Ilustrasi NeowinIlustrasi
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Mendengar kata Snapdragon, akan terlintas di benak beberapa orang tentang smartphone yang menggunakan System-on-Chip  (SoC) besutan Qualcomm itu.

Namun, Qualcomm dikabarkan tengah menyiapkan chip untuk laptop yang akan diluncurkan Desember mendatang. Bocoran tentang spesifikasi chip bernama Snapdragon 8180 ini belakangan beredar di internet.

Julukan sang SoC bersesuaian dengan rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa chip laptop Qualcomm bakal diberikan skema nama baru dengan empat angka (seri Snapdragon 1000)

Biasanya, chip Snapdragon untuk perangkat mobile menggunakan tiga angka, misalnya Snapdragon seri 800, 600, dan 400. Tambahan satu angka agaknya dimaksudkan untuk menegaskan peruntukkan Snapdragon 8180 sebagai chip untuk laptop.

Menimbang bahwa Snapdragon 8180 ditujukan untuk memperkuat perangkat yang lebih besar dari smartphone dan tablet, dimensi fisik chip ini pun disebut akan lebih besar daripada saudaranya di platform smartphone.

SoC yang memperkuat kebanyakan smartphone 2018 saat ini, misalnya, memiliki luas permukaan 12,4 x 12,4 mm. Sementara, Snapdragon 8180 kabarnya akan berukuran 20 x 15 mm.

Kendati demikian, menurut informasi dalam rumor yang dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (19/10/2018) itu, Snapdragon 8180 disebut bakal dibuat dengan proses fabrikasi 7nm yang terbaru dan termungil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Qualcomm Siapkan Chip Snapdragon 1000, Bukan untuk Ponsel

Bisa dilepas-pasang?

Jeroan Snapdragon 8180 kabarnya akan terdiri dari empat inti CPU Cortex-A76 "Gold" 3 GHz, dan empat inti CPU Cortex-A55 "Silver" 1,8 GHz, berikut NPU-130 untuk menangani tugas-tugas terkait pengolahan AI.

Yang menarik, menurut informasi terdahulu, Snapdragon 8180 bakal datang dengan kemasan socket layaknya prosesor-prosesor laptop dan desktop.

Halaman:


Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.