Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Konsep iPhone Lipat

Kompas.com - 18/10/2018, 08:06 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa vendor smartphone Android semakin banyak yang berambisi menelurkan smartphone lipat. Beberapa di antaranya bahkan sudah mulai pamer purwarupanya. Apple pun agaknya tak mau kalah untuk ikut tren ini.

Kabar terbaru menyebut jika perusahaan asal Cupertino, California, AS ini telah mendaftaran paten iPhone lipat. Dari bocoran yang tersiar di ranah maya, konsep iPhone lipat mirip dengan konsep Samsung, di mana layar bisa ditekuk layaknya dompet dengan mekanisme engsel.

Paten yang beredar menggunakan kode nomor 10,104,787 dengan nama "Flexible display device" (perangkat display fleksibel) dan terdaftar di Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

Apple mengajukan dokumen paten ini pada September 2016, lalu baru pekan ini diloloskan oleh USPTO .

Baca juga: 2 Tahun Lagi, Apple Rilis iPhone Lipat?

Dalam deskripsi paten, display iPhone lipat kemungkinan akan dipasangkan ke engsel secara tumpang tindih. Engineer yang terlibat dalam perancangan konsep perangkat di paten membeberkan dua kemungkinan cara menutup layar.

"Layar bisa ditempatkan saling berhadap-hadapan (front-to-front) dengan display aktif menghadap ke sisi display lain atau dikonfigurasi saling membelakangi (back-to-back)," tulis paten tersebut sebagaimana KompasTekno rangkum dari Cult of Mac, Kamis (18/10/2018).

Apple pun mendaftarkan segala kemungkinan konsep iPhone lipat. Mulai dari engsel yang tersambung dengan tiga atau empat sekat, engsel dengan lubang, engsel yang terbentuk dari struktur pendukung yang fleksibel, dan engsel yang didasarkan dari struktur layar fleksibel.

Konsep ponsel lipat memang telah santer sejak tahun 2013. Selain paten di ini, Apple memiliki paten lain yang masih terkait dengan konsep foldable phone. 

Beberapa vendor sesumbar jadi yang pertama meluncurkan smartphone layar lipat, namun Apple agaknya berbeda. Beberapa sumber menyebut jika Apple tidak akan merilis iPhone lipat dalam waktu dekat. Rumornya, iPhone lipat akan rilis tahun 2020 atau setelahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com