Akses Berita di Facebook Turun, "Page View" Portal Media Menanjak

Kompas.com - 18/10/2018, 10:04 WIB
Ilustrasi Facebook The telegraphIlustrasi Facebook

KOMPAS.com — Facebook dan Twitter sempat diramalkan bakal membunuh portal media. Pasalnya, informasi memang lebih cepat menyebar via jejaring sosial karena kecenderungan netizen untuk saling berbagi.

Namun, laporan dari firma analis trafik “Chartbeat” melawan tesis tersebut. Netizen kini lebih kritis dalam mengakses berita, tak mau serta-merta percaya pada informasi yang seliweran di Facebook dan Twitter.

Sejak Januari 2017, traffic Facebook dan Twitter untuk akses berita menurun hampir 40 persen. Traffic tersebut kembali mengalir ke portal media resmi, baik melalui situs, aplikasi, maupun agregator.

Netizen sekarang cenderung mencari konten berita lewat situs atau aplikasinya langsung  ketimbang melalui Facebook,” kata tim analis Chartbeat, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (18/10/2018), dari Axios.

Asumsi ini didukung data yang menunjukkan peningkatan pencarian berita di Google Search versi mobile. Peningkatannya mencapai dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

Traffic langsung ke situs dan aplikasi resmi portal media pun naik 30 persen sepanjang 2017. Agregator berita, seperti Flipboard, Google News, dan Apple News, juga menunjukkan pertumbuhan akses.

Agregator berita ini mempermudah netizen untuk mengurasi berita yang relevan bagi mereka. Misalnya saja, pencinta musik yang hanya ingin ditunjukkan berbagai berita musik dari beragam portal media.

Baca juga: Ini Bukti Facebook Semakin Ditinggal Pengguna

Fakta ini menunjukkan, netizen mulai melek informasi dan kritis terhadap validitasnya. Informasi yang dipertukarkan di Facebook dan Twitter memang bersifat lebih real-time, tetapi tidak melalui proses verifikasi.

Sifatnya berupa opini dari pengalaman netizen yang melihat langsung sebuah insiden. Berbeda dengan informasi dari portal media yang telah diolah oleh jurnalis sehingga mementingkan aktualitas dan kebenaran fakta.

Baca juga: 50 Juta Akun Facebook Diretas, Cek Apakah Anda Termasuk atau Tidak



Sumber Axios

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X