"Flagship Murah" Pocophone F1 Masuk Daftar Smartphone Terkencang - Kompas.com

"Flagship Murah" Pocophone F1 Masuk Daftar Smartphone Terkencang

Kompas.com - 19/10/2018, 11:52 WIB
Pocophone F1Lulu Cinantya/Kompas.com Pocophone F1

KOMPAS.com - Meski sempat dilaporkan bermasalah oleh sejumlah pengguna, untuk urusan kinerja, Pocophone F1 masuk dalam 10 besar smartphone tercepat.

Sub-brand besutan Xiaomi ini berada di peringkat 10 ponsel Android tercepat dalam daftar yang dirilis pembuat aplikasi benchmark populer AnTuTu, untuk September 2018.

Daftar peringkat ini dirilis AnTuTu berdasarkan data rata-rata hasil uji benchmark yang dikumpulkan aplikasinya sepanjang bulan September lalu. Dari data tersebut terlihat bahwa vendor smartphone asal China sangat dominan masuk dalam 10 besar.

Baca juga: Jawaban Xiaomi Terkait 10 Masalah di Pocophone F1

Peringkat pertama dan kedua diduduki oleh dua ponsel gaming ternama, yakni Asus ROG Phone dan Xiaomi Black Shark. Sementara, OnePlus 6, vivo Nex S, Mi 8, Oppo Find X, hingga Pocophone F1 mengekor di belakangnya.

Pocophone F1 sendiri berada di tepat di bawah Mi Mix 2S dengan skor 268.367 poin. Dikutip KompasTekno dari Slashgear, Jumat (19/10/2018) skor yang ditampilkan merupakan hasil perhitungan rata-rata dan bukan menunjukkan skor tertinggi yang mampu dihasilkan ponsel.

10 besar ponsel android tercepat versi AnTuTu di bulan SeptemberAnTuTu 10 besar ponsel android tercepat versi AnTuTu di bulan September

Kendati demikian hasil pengujian ini hanya merupakan hasil pengolahan aplikasi benchmark dan tak melibatkan riset pengalaman pengguna. Angka-angka tersebut bisa saja berbeda dengan apa yang dirasakan oleh pengguna bergantung pemakaiannya.

Pocophone F1 sendiri mengusung spesifikasi sekelas ponsel flagship, mencakup prosesor Snapdragon 845 dengan RAM sebesar 6 GB. Selain itu ponsel ini juga memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar yakni 64 GB dan 128 GB.

Komponen lain termasuk baterai 4.000 mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0, kamera ganda dengan AI hingga sistem pendingin berbasis cairan.

Baca juga: Ini Harga dan Spesifikasi Pocophone F1 di Indonesia

Meski memiliki dapur pacu kelas atas, Pocophone F1 ibarat ponsel "flagship murah" yang banderolnya sebanding ponsel papan tengah. Di Indonesia Pocophone F1 dijual mulai harga Rp 4,5 juta sampai Rp 5 juta.

Ponsel ini memang menitikberatkan pada performa, bukan pada fitur-fitur pelengkap seperti layar yang masih LCD serta tak memiliki NFC. Dari sisi material, Pocophone F1 hanya berbalut bahan plastik.

Sementara itu, smartphone dengan Snapdragon 845 umumnya dijual di kisaran Rp 8 jutaan bahkan, tak sedikit pula yang menyentuh angka double-digit.



Close Ads X