Operator Net1 Bidik Kekosongan 4G di Pelosok Indonesia

Kompas.com - 22/10/2018, 08:57 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Operator- operator seluler di Indonesia sudah mulai menggelar jaringan seluler generasi keempat, 4G LTE, sejak akhir 2014. Namun, hingga kini sebarannya boleh dibilang masih belum merata, terutama di pelosok. 

Ceruk inilah yang hendak diisi oleh Net1 Indonesia, operator dan penyedia layanan telekomunikasi seluler seluler dari PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) yang dahulu bernama Ceria. 

Usai beralih dari teknologi CDMA ke 4G LTE dengan mengantongi izin jaringan 4G di frekuensi 450 MHz, Net1 fokus mengincar daerah-daerah di Indonesia yang belum mendapat layanan 4G LTE dari operator lain.

Net1 menyediakan paket internet untuk individu (B2C), namun, target utamanya adalah kalangan bisnis (B2B), pemerintah (B2G), dan wholesale. 

“Kami ingin membantu para pelaku bisnis di daerah mendigitalkan usaha mereka lewat koneksi internet berkecepatan tinggi,” ujar CEO Net1 Indonesia, Larry Ridwan, ketika berkunjung ke redaksi Kompas.com, Jumat (19/10/2018). 

Selain itu, Net1 turut menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah mulai dari tingkat Kota, Kabupaten, hingga Propinsi di Indonesia untuk menyediakan akses internet broadband bagi masyarakat, khususnya daerah suburban dan pelosok.

Daftarnya mencakup Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupatan Halmahera Barat, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kabupaten Sangihe, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Kaimana. 

Menurut keterangan dari Net1, dari 260 juta penduduk Indonesia, sebanyak 65 juta masih belum terjangkau layanan 4G. Apabila dikerucutkan lebih jauh menjadi 17 juta berdasarkan buying power dan faktor lain, maka angkanya tetap signifikan untuk mengembangkan pasar. 

Hingga pertengahan tahun ini, menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, baru 55 persen dari 83.218 desa/ kelurahan di Indonesia sudah terjangkau jaringan 4G LTE. Cakupannya diharapkan meningkat menjadi 100 persen pada 2019 mendatang. 

Satu-satunya di 450 MHz

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X