Enyahkan "Poni", Samsung Dikabarkan Bikin Kamera Selfie Belakang Layar

Kompas.com - 22/10/2018, 10:15 WIB
Samsung Galaxy Note 9 Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comSamsung Galaxy Note 9

KOMPAS.com - Setahun belakangan, desain smartphone hampir seragam. Di berbagai kelas, setidaknya ada smartphone Android yang muncul dengan model layar berponi atau biasa disebut "notch".

Mereka berkiblat pada desain iPhone X yang rilis 2017 lalu. Alasannya, para pabrikan ingin memaksimalkan luas display dengan menyisakan bezel sedikit di ujung layar sebagai rumah  sensor jarak, earpiece, dan kamera depan. 

Namun nyatanya tidak semua vendor smartphone Android ikut berponi. Salah satunya adalah pesaing berat Apple, Samsung. Bisa dibilang, Samsung masih konsisten dengan model muka di smartphone pabrikannya.

Dari kabar teranyar, Samsung disebut sedang mengembangkan desain baru untuk tetap mengikuti tren edge-to-edge display tanpa harus memasang poni di layar.

Vendor Korea Selatan itu disebut sedang menyiapkan smartphone dengan kamera selfie yang tertanam di bawah layar.

Samsung Mobile News yang kerap membagikan bocoran Samsung menyiarkan kabar itu melalui akun Twitter miliknya. 


Dalam keterangannya, dikatakan bahwa purwarupa smartphone tersebut masih dalam tahap awal pengembangan. Kemungkinan, perangkat tersebut baru bisa ditemui di pasaran sekitar tahun 2020, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Uber Gizmo, Senin (22/10/2018).

Masih belum ada detail lain, misalnya apakah produk tersebut akan masuk ke lini Galaxy S atau Galaxy Note.

Konsep ini sejatinya sudah pernah muncul awal tahun lalu. Kala itu, Samsung dikabarkan telah mendaftarkan paten kamera selfie di belakang layar. Dari sketsa yang sempat beredar, kamera depan akan terletak di tengah-tengah layar untuk menunjang  video call.

Baca juga: Kamera Selfie Samsung Galaxy Dipasang di Belakang Layar?

Vendor smartphone asal China, Meizu, juga sempat mendaftarkan paten teknologi serupa. Konon Meizu akan mengadopsi display berbahan Graphene.

Bahan ini dipilih karena sifatnya yang transparan sehingga memungkinkan cahaya menembus layar hingga mencapaisensor kamera. Sensor cahaya dan jarak (proximity sensor) kabarnya juga akan dibenamkan di bawah layar sehingga tidak membutuhkan tempat berupa poni.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Uber Gizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.