Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S9 dan Galaxy Note 9 Disebut Kebagian Android Pie Awal 2019

Kompas.com - 22/10/2018, 12:47 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak diresmikan namanya sebagai Android Pie Agustus lalu, sebaran sistem operasi Android generasi kesembilan ini dinantikan penggunanya. Terlebih lagi bagi para pemilik ponsel Android non-Google Pixel yang selalu belakangan menerima update.

Pasalnya, beberapa pembaruan menarik dijanjikan Google. Pesebaran Android Pie pun perlahan meluas.

Informasi terbaru menyebut bahwa model-model ponsel flagship terkini dari Samsung akan mulai kebagian Android Pie pada awal 2019 mendatang, meski tanggal persisnya belum jelas benar. 

Khusus untuk Samsung, upgrade Android 9.0 Pie kabarnya akan ditemani antarmuka Samsung Experience 10 yang akan membawa penampilan lebih segar. Perangkat flagship Samsung yang akan mengadopsi Samsung Experience 10 adalah Galaxy S9, S9 Plus, dan Galaxy Note 9.

Sementara itu, program beta untuk Android Pie akan segera tersedia dalam beberapa hari ke depan, bagi pengguna Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Kabar itu muncul di aplikasi Samsung Plus dengan beberapa pembaruan fitur. Seperti "Adaptive Battery" yang memungkinkan pengguna menyesuaikan algoritma untuk membatasi penggunaan CPU untuk aplikasi yang banyak menyedot daya di latar belakang.

Tangkapan layar aplikasi Samsung+ yang mengnformasikan fitur baru Android Pie dan Samsung Experience 10 di flagship SamsungXDA Developer Tangkapan layar aplikasi Samsung+ yang mengnformasikan fitur baru Android Pie dan Samsung Experience 10 di flagship Samsung
Ada juga fitur bernama "App Slice" yang akan merekomendasikan shortcut bagi pengguna berdasarkan cara penggunaan aplikasi.

Dari laporan XDA Developer yang dirangkum KompasTekno, Senin (22/10/2018), fitur ini belum muncul di versi beta Android Pie Galaxy Note 9. Diperkirakan, ia baru akan diaplikasikan dalam waktu dekat.

Baca juga: Dokumen Android Pie Ungkap 4 Model Samsung Galaxy S10

Pembaruan dimaskud turut memboyong 157 emoji baru, termasuk emoji mooncake dan hewan Llama.

Selain itu, Night Theme dan Scene Optimizer untuk model Galaxy S9 konon sudah terkonfirmasi akan turut hadir di pembaruan Samsung Experience 10 ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com