Facebook Punya “Kamar Perang” untuk Berantas Hoaks Jelang Pemilu AS

Kompas.com - 22/10/2018, 18:36 WIB
Suasana War Room di kantor Facebook di Menlo Park, AS. FacebookSuasana War Room di kantor Facebook di Menlo Park, AS.
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Amerika Serikat akan menyambut pemilihan umum paruh waktu (midterm election), pada awal November mendatang. Seperti sebelum-sebelumnya, kabar bohong alias hoaks diperkirakan banyak beredar di media sosial.

Menyadari hal tersebut, Facebook selaku pengelola media sosial terbesar di dunia baru-baru ini membuat sebuah War Room (kamar perang) atau ruang kendali untuk memantau penyebaran kabar hoaks di jejaringnya.

War Room dibuat untuk mengidentifikasi kabar palsu dan langsung mematikannya. Bentuknya benar-benar sebuah ruangan tanpa jendela. Isinya dipadati aneka komputer dan monitor berukuran besar.

Baca juga: 4 Cara Baru Facebook Tangkal "Cyberbullying"

War Room yang berlokasi di Menlo Park, California ini diawaki oleh orang-orang yang kompeten dalam memantau konten seperti intelijen, teknisi perangkat lunak, data science, hukum, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. 

Orang-orang tersebut akan bekerja 24 jam untuk memantau konten yang berseliweran di Facebook. Dengan demikian, isu yang muncul bisa langsung ditindak oleh para ahli secara gotong royong.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia pun mulai masuk ke dalam tahun politik. Pada 2019 mendatang, warga Tanah Air akan melaksanakan Pemilihan Presiden. Lantas apakah War Room juga akan dibuat khusus di Indonesia?

Menurut Putri Dewanti, Communication Lead Facebook Indonesia, sampai saat Facebook Indonesia belum berencana apakah War Room ini akan dibuat di Indonesia. 

"War Room belum tahu. Masih roll out di luar, belum sampai sini," kata Putri saat ditemui di kantor Facebook, Senin (22/10/2018). 

Baca juga: Tips Mengenali Hoaks dari Facebook

Ia pun tak berkomentar banyak soal ini. Pasalnya War Room sendiri masih baru hadir di dua negara yakni Amerika Serikat dan Brazil.  

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X