Disiksa, Google Pixel 3 XL Ternyata Gampang Tergores - Kompas.com

Disiksa, Google Pixel 3 XL Ternyata Gampang Tergores

Kompas.com - 23/10/2018, 06:51 WIB
Potongan video uji ketangguhan Google Pixel 3 oleh JerryRigEverything.JerryRigEverything/ YouTube Potongan video uji ketangguhan Google Pixel 3 oleh JerryRigEverything.

KOMPAS.com - Tak seperti dua generasi sebelumnya, Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL dibalut kaca pada sisi belakang. Material kaca memang bekerja lebih baik untuk radio internal ponsel, sekaligus tampak lebih manis.  

Selain itu, material kaca juga memungkinkan Google melengkapi lini Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan teknologi pengisian daya tanpa kabel (wireless charging). Namun, bagaimana dengan ketahanan fisiknya?

Channel YouTube JerryRigEverything yang dibawakan Zack Nelson mencoba menguji ketahanan Pixel 3 XL yang digadang-gadang sebagai salah satu ponsel Android terbaik di pasaran saat ini.

Ternyata, material kaca yang dipakai Google pada Pixel 3 XL (dan Pixel 3) memang rentan dengan goresan. Pasalnya, kaca tersebut bukan yang mengkilat seperti pada umumnya, melainkan kaca buram (frosted glass).

Baca juga: Google Luncurkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan Kamera Selfie Ganda

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Selasa (23/10/2018), saat digesek dengan permukaan koin, frosted glass Pixel 3 XL langsung lecet. Padahal, skenario koin di dalam kantong bersama dengan ponsel cukup familiar di kehidupan sehari-hari.

Gesekan kunci pun membekaskan goresan, meski tak senyata permukaan koin. Untuk permukaan yang lebih lembut seperti tusuk gigi, bekas goresannya semu sehingga bisa dikembalikan seperti semula ketika dilap.

Terlepas dari material frosted glass yang terbilang lemah, ketahanan fisik Pixel 3 XL dalam pengujian secara keseluruhan cukup mengesankan. Kamera dan layarnya sudah dilapisi Gorilla Glass 5 sehingga tak lecet meski disilet.

Untuk lebih lengkapnya, simak video "penyiksaan" Google Pixel 3 XL oleh JerryRigEverything di tautan berikut.



Close Ads X