Spesifikasi Nokia 8.1 Terkuak Lewat Bocoran "Benchmark"

Kompas.com - 23/10/2018, 08:17 WIB
Nokia X7 di pasaran China. Rumor terbaru menyebutkan perangkat ini akan dirilis global dengan nama Nokia 8.1.HMD Global Nokia X7 di pasaran China. Rumor terbaru menyebutkan perangkat ini akan dirilis global dengan nama Nokia 8.1.

KOMPAS.com - HMD Global selaku pemegang lisensi merek ponsel Nokia belakangan rajin merilis smartphone baru di pasaran global setelah lebih dulu memperkenalkannya di China.

Misalnya saja, Nokia X6 Plus (China) yang dirilis global sebagai Nokia 6.1 Plus, dan Nokia X5 (China) yang berganti nama menjadi Nokia 5.1 Plus. Terakhir, ada Nokia X7 yang baru hadir di Negeri Panda dan diperkirakan akan memiliki bernama Nokia 7.1 Plus saat dirilis global nanti. 

Namun, kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa Nokia X7 (China) mungkin tidak akan dirilis global sebagai Nokia 7.1 Plus, melainkan Nokia 8.1. Dugaan tersebut didasarkan pada bocoran benchmark Geekbench yang muncul baru-baru ini.

Baca juga: 4 Ponsel Nokia Kebagian Android Pie, Ini Jadwal Rilisnya

Di screenshot Geekbench, tampak jelas nama perangkat “Nokia 8.1”. Deretan spesifikasinya pun mirip dengan Nokia X7 di China, mencakup dapur pacu Snapdragon 710, dan RAM sebesar 4 GB.

Bocoran screenshot Geekbench yang menampakkan nama Nokia 8.1.Geekbench Bocoran screenshot Geekbench yang menampakkan nama Nokia 8.1.

Menariknya, Nokia 8.1 dalam bocoran Geekbench disebut menjalankan sistem operasi Android 9 Pie.

Mungkin ia akan langsung datang dengan OS Android versi terbaru itu dari pabrik, beda halnya dengan Nokia X7 yang diketahui masih mengandalkan Android 8.1 Oreo.

Masih ada sejumlah spesifikasi yang belum jelas dari Nokia 8.1, seperti ukuran layar dan kapasitas baterai, yang boleh jadi akan berbeda dari Nokia X7.

Digeser ke papan tengah

Apabila Nokia X7 memang benar dirilis global sebagai Nokia 8.1, maka hal tersebut bakal turut menandai pergeseran ponsel Nokia seri 8 dari produk papan atas menjadi produk papan tengah.

Sebelumya, seperti dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (23/10/218), ponsel Nokia seri 8 (Nokia 8, dan Nokia 8 Sirocco) dibekali dengan dapur pacu high-end, yakni chip Snapdragon 835. 

Posisi Nokia 8 di segmen atas mungkin akan digantikan oleh Nokia 9 PureView yang gosipnya bakal diperkenalkan pada Februari 2019.

Baca juga: Nokia 9 Disebut Bakal Kembali Memakai Gelar "PureView"

HMD Global saat ini memiliki ponsel lain di ranah global yang bernama Nokia 7.1. Namun, spesifikasinya yang mengandalkan Snapdragon 636 masih berada di bawah Nokia X7/ 8.1.



Close Ads X