Kompas.com - 23/10/2018, 10:37 WIB
iPhone XR. IstimewaiPhone XR.

KOMPAS.com - Pada September lalu, Apple meluncurkan trio iPhone XS, XS Max, dan XR. Penamaan “X” sudah diterapkan sejak tahun lalu, terinspirasi dari penomoran Romawi untuk angka “10”.

Embel-embel “S” pun sudah beberapa kali digunakan Apple dengan artian “speed”. Lantas bagaimana dengan penggunaan “R” pada iPhone XR?

Menurut Chief Marketing Apple, Phill Schiller, singkatan dari “R” tersebut berhubungan dengan mobil yang mengutamakan performa atau kerap diistilahkan sports car.

“Saya suka mobil dan hal-hal yang mengutamakan kecepatan. Huruf “R” dan “S” sama-sama sering dipakai untuk mobil sport yang sangat istimewa,” ia menjelaskan.

Beberapa mobil sport memang menggunakan huruf "R" pada namanya, seperti misalnya Nissan Skyline GT-R, Jaguar XJR dan Audi RS 7, namun, sebenarnya ada juga mobil kelas budget berembel-embel "R" seperti Toyota Matrix XSR.

Baca juga: Rahasia iPhone XR Bisa Jepret "Bokeh" Meski Berkamera Tunggal

Yang jelas, konsep di atas agaknya berlaku buat Schiller sendiri saja, seorang penggemar otomotif yang menyukai mobil-mobil langka. Dia menambahkan bahwa huruf-huruf yang dipakai di nama iPhone sebenarnya tak pernah mewakili sesuatu yang spesifik. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (23/10/2018), huruf "S"di nama iPhone juga tidak memiliki makna yang konsisten selain sebagai pembeda belaka.

Ketika memperkenalkan iPhone 3GS pada 2009, Schiller mengatakan huruf S berarti "kecepatan" (speed). 

Dua tahun setelahnya, pada perkenalan iPhone 4S, CEO Apple Tim Cook malah mengatakan bahwa akhiran "S" merupakan singkatan dari "Siri". Mulai iPhone 5S, Apple tak lagi memberi penjelasan soal arti huruf "S" di ponselnya.

iPhone XR sendiri merupakan varian yang paling murah ketimbang dua iPhone anyar lain, iPhone XS dan XS Max. iPhone XR dibanderol mulai 750 dollar AS (Rp 11,3 jutaan) dan mulai tersedia pada Oktober ini di beberapa negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.