Remaja 16 Tahun Sabet Gelar Juara Dunia Game "Tetris"

Kompas.com - 23/10/2018, 14:42 WIB

 

KOMPAS.com - Seorang remaja asal California, Amerika Serikat berhasil menyabet gelar sebagai juara dunia game Tetris dalam kompetisi bertajuk Classic Tetris World Championship (CTWC).

Joseph Saelee, sang remaja berusia 16 tahun tersebut berhasil menekuk juara bertahan Jonas Neubauer yang telah memenangkan kompetisi ini selama tujuh kali dalam delapan tahun terakhir turnamen ini digelar.

Game yang dimainkan adalah Tetris versi original Nintendo yang sudah dipertandingkan puluhan tahun sejak 1990.

Bagi yang kemungkinan lupa atau belum tahu apa itu game Tetris, game legendaris ini kerap dimainkan di komputer rumahan. Tapi lebih sukses di versi Gameboy yang rilis pada tahun 1989.

Cara memainkannya adalah dengan menyusun empat blok dengan bentuk berbeda dengan mengendalikannya ke samping kiri atau kanan sehingga membentuk garis horizontal tanpa celah.

Jika sudah terbentuk, blok-blok tersebut akan menghilang. Pemain harus mencegah blok-blok itu tersusun tinggi hingga menyentuh ujung atas display untuk menghindari "game over".

Classic Tetris Wolrd Championship digelar di Portland Retro Gaming Expo di dalam gedung Oregon Convention Center, Oregon, Amerika Serikat, pada Senin (22/10/20180 waktu setempat.

Para pemain membawa kontroler konsol game Nintendo (NES) yang telah dimodifikasi dan mereka diperbolehkan menggunakan teknik yang disebut "hypertapping".

Baca juga: Grand Theft Auto V Mau seperti Tetris

Teknik itu dijabarkan sebagai mengetuk D-pad alias tombol arah secara terus-menerus ketimbang menahannya. Teknik itulah yang digunakan Saelee dengan gesit dan berhasil mengantarkannya ke podium juara.

Kepada BBC, sebagaimana KompasTekno rangkum, Selasa (23/10/2018), Saelee mengaku pertama kali memainkan Tetris setelah menonton turnamen tersebut pada tahun 2016. Saat itu, ia menggunakan konsol Nintendo NES orisinil keluaran tahun 1985.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.