Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Gaming Samsung Pakai Pengolah Grafis Bikinan Sendiri?

Kompas.com - 24/10/2018, 06:56 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com -  Ada tren baru di industri ponsel, yakni smartphone gaming. Segmennya semakin menarik belakangan ini pasca munculnya Razer Phone, Asus ROG Phone, dan Xiaomi Black Shark.

Seakan tak mau kalah, Samsung belakangan dikabarkan akan turut membuat ponsel gaming dari seri Galaxy A. Konon pula, sang ponsel gaming akan memakai prosesor pengolah grafis (Graphics Processing Unit, GPU) buatan Samsung sendiri.

Kabar tersebut muncul di sebuah status dari seorang pengguna Weibo, jejaring sosial China, yakni Ice Universe yang dikenal sebagai “pembocor” andal.

Baca juga: Inikah Spesifikasi Ponsel Gaming Buatan Samsung?

Rumor ini bersesuaian dengan ramalan seorang analis industri, Jon Peddie, beberapa bulan lalu, yang mengatakan bahwa GPU Samsung mungkin akan jadi lawan setanding untuk GPU di iPhone yang juga dirancang sendiri oleh Apple.

Penggembangan GPU Samsung kabarnya dipimpin oleh Dr. Chien Ping Lu, seorang veteran industri desain chip grafis yang pernah bekerja di nama-nama besar seperti Nvidia, MediaTek, dan Intel sebelum akhirnya direkrut Samsung.

GPU merupakan salah satu komponen prosesor di dalam SoC, mendampingi prosesor utama (Central Processing Unit, CPU) dan prosesor lain seperti Neural Processing Unit (NPU) untuk pengolahan kecerdasan buatan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Rabu (24/10/2018), Samsung sebelumnya dikenal sudah memilikiSoC sendiri bernama Exynos. Namun, bagian GPU Exynos selama ini masih menggunakan prosesor grafis rancangan ARM, yakni seri Mali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com