Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna SounCloud Bisa Pamer Musik di Instagram Stories Tanpa "Screenshot"

Kompas.com - 24/10/2018, 11:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram telah menambah fitur sisipan layanan streaming musik Spotify. Kini, fitur tersebut diperluas untuk layanan Soundcloud.

Dengan demikian, musisi atau pengguna aplikasi Souncloud tak perlu repot-repot "screenshot" daftar musiknya untuk diposting ke Instagram Stories.

Berbeda dengan Spotify yang hanya berisikan lagu musisi profesional, di Soundcloud, musisi indie dan amatir juga mendapat tempat, termasuk mereka yang hobi berbagi audio lain.

Dengan begitu, pengguna tidak hanya bisa memamerkan lagu apa yang sedang didengarkan, tapi juga memperkenalkan lagunya sendiri yang diunggah ke Soundcloud. Sehingga pengikutnya di Instagram bisa langsung terhubung ke Soundcloud miliknya.

Untuk mengunggah SoundCloud ke Instagram Stories, pengguna harus membuka dulu aplikasi Souncloud. Pastikan jika aplikasi telah di-update ke versi paling baru. Kemudian pilih lagu atau audio yang ingin dibagikan dan usap (swipe) judul ke atas.

Pilih ikon bagikan yang dilingkar merah, kemudian pilih share to Instagram StoriesKompas.com Pilih ikon bagikan yang dilingkar merah, kemudian pilih share to Instagram Stories

Setelah terpilih, ketuk ikon bagikan dan pilih "Share to Instagram Stories". Pengguna akan diarahkan langsung ke Instagram Stories-nya. Nantinya, sampul album akan menjadi latar belakang Stories.

Baik sampul album dan stiker judul lagu yang langsung menghubungkan ke aplikasi SoundCloud, bisa diatur tata letak dan ukurannya. Sama halnya ketikan membagikan Spotify, pengguna juga bisa mendekorasi Instagram Stories dengan bubuhan teks, emoji, GIF, sticker, atau yang lainnya.

Baca juga: Posting Spotify ke Instagram Stories Tanpa Screenshot, Begini Caranya

Fitur baru ini sudah bisa digunakan semua pengguna di platform iOS dan Android. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (24/10/2018), SoundCloud memberikan beberapa pengumuman dalam minggu ini.

Termasuk kerja sama dengan startup Dubset, membuka program monetisasi bernama Premier yang ditujukan bagi musisi indie di beberapa negara, dan integrasi dengan software DJ seperti Traktir dan Virtual DJ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com