Tanda-tanda Apple Bakal Adopsi Konektor USB-C

Kompas.com - 24/10/2018, 17:11 WIB
Render iPad Pro terbaru. ForbesRender iPad Pro terbaru.

KOMPAS.com - Apple bakal memperkenalkan perangkat baru pada 30 Oktober mendatang di Brooklyn, New York. Diduga kuat perangkat tersebut tak lain adalah iPad Pro.

Berbagai bocoran dan prediksi sudah berseliweran di ranah maya. Salah satunya menyebut iPad Pro bakal beralih dari konektor Lightning ke USB-C.

Hal ini sejatinya telah diumbar analis Apple, Ming-Chi Kuo sejak September lalu. Para analis di Hongkong dan Jepang pun mendukung prediksi tersebut.

Bahkan, foto render iPad Pro dengan konektor USB-C sudah mengemuka di internet. Pada foto tersebut, iPad Pro juga kelihatan mengusung layar full-screen.

Indikasi lainnya yang memperkuat rumor ini adalah kemunculan kabel pengisian daya baru dengan standar USB-C untuk arloji pintar Apple Watch. Artinya, pengguna bisa mengisi daya wearable tersebut via MacBook, atau mungkin iPad Pro, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (24/10/2018), dari Forbes.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Konektor Baru Pengganti USB

Apple sepertinya mulai membangun ekosistem USB-C untuk menggantikan konektor Lightning yang sudah digunakan sejak 2012 lalu. Jika benar, apa alasannya?

Sebenarnya kemewahan utama USB-C sama dengan Lightning, yaitu mudah terhubung dalam berbagai posisi, alias anti-terbalik.

Berbeda halnya dengan USB-A, microUSB, dan SCART, yang jelas-jelas punya posisi atas dan bawah berbeda, sehingga pengguna harus benar-benar menghubungkannya dengan posisi yang pas.

Keunggulan USB-C ketimbang Lightning terletak pada fleksibilitasnya. Pengguna bisa mengisi daya dengan banyak kabel yang kompatibel karena tak eksklusif untuk perangkat Apple saja.

USB-C juga dirancang untuk menransfer data berukuran besar dalam waktu yang relatif lebih cepat. Dalam satu detik, USB-C mampu mengantarkan file 10 Gb.

Konektor tersebut juga mendukung fitur pengisian daya cepat yang lebih maju. Selain itu, USB-C mampu menampilkan suara atau gambar ke proyektor atau televisi dengan resolusi tinggi 4K.

Sejauh ini Apple belum mengonfirmasi kabar soal peralihan dari Lightning ke USB-C. Kita tunggu saja kejelasannya dalam sepekan ke depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X