Kompas.com - 25/10/2018, 18:04 WIB
Booth Oppo di MWC 2017 Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.comBooth Oppo di MWC 2017

SHENZHEN, KOMPAS.com - Posisi tinggi di sebuah perusahaan biasanya diisi oleh karyawan senior yang sudah banyak makan asam garam. Namun vendor smartphone asal China, Oppo, punya kebijakan lain.

Perusahaan ini memprioritaskan karyawan berusia di bawah 32 tahun untuk menempati posisi tinggi di perusahaan.

Menurut pihak Oppo, hal ini memang telah menjadi budaya di dalam tubuh perusahaan secara global. Bahkan untuk proses rekrutmen pun, Oppo memprioritaskan mahasiswa fresh graduate untuk bekerja di perusahaan tersebut.

"Kami memprioritaskan anak muda untuk berada dalam posisi tinggi di perusahaan ini. Ini agar perusahaan bisa cepat beradaptasi dengan perubahan zaman," ungkap Jin Haishao, staff HR Oppo Global saat ditemui KompasTekno di kantor pusat Oppo di wilayah Dongguan, China, Kamis (25/10/2018).

Menurut Jin, proses rekrutmen dari perusahaan pun cukup ketat. Ia pun menyebutkan sebanyak 44 persen pekerja Oppo di seluruh dunia merupakan kelahiran di atas tahun 1990.

Baca juga: Bertandang ke Toko Tanpa Pelayan Milik Oppo

Selain itu, dari data internal Oppo menyebutkan bahwa sebanyak 42 persen petinggi yang menduduki posisi supervisor berusia tak lebih dari 32 tahun. Termasuk AVP Oppo China, Brian Shen. Sementara persentase supervisor yang lahir setelah 1990 sebanyak 3,5 persen dari keseluruhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika dibandingkan dengan perusahaan teknologi lain, usia rata-rata pegawai Oppo memang tergolong muda. Bandingkan saja dengan Apple yang usia rata-ratanya adalah 31 tahun, Google 30 tahun, sedangkan Oppo 29,5 tahun.

Oppo sendiri rela menggelontorkan dana sebesar 200 juta Yuan atau sekitar Rp 437 miliar setiap tahun untuk proses rekrutmen pegawai. Selain untuk proses rekrutmen, dana ini juga digunakan untuk beasiswa universitas hingga pengembangan karyawan.

Ia melanjutkan, seluruh dana tersebut akan dioptimasi dalam empat sektor, yakni mendanai penelitian teknologi di universitas, kontes teknologi, beasiswa, dan pelatihan karyawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.