Menanti Kolaborasi Indonesia - Belanda dalam Board Game

Kompas.com - 25/10/2018, 18:41 WIB

ESSEN, KOMPAS.com - Empat tahun lalu, KompasTekno jadi saksi momen langka di ajang pameran boardgame Internationale Spieletage SPIEL ‘14, salah satu yang terbesar di dunia. Momen tersebut adalah ketika Joris Wiersinga, desainer game asal Belanda, mampir ke booth Indonesia di SPIEL.

Menjadi istimewa karena Joris (baca: Yoris) adalah yang merancang board game dengan judul Indonesia. Sebuah game langka saat itu (beberapa tahun kemudian game itu hadir lagi dalam versi 2nd Edition). Selengkapnya, baca di: Bertemu Orang Belanda yang Merancang Game "Indonesia".

Tahun ini, di SPIEL ‘18, tim Indonesia kembali hadir dalam ajang tersebut. Tercatat ada 24 judul game dari 7 penerbit yang dipamerkan di sini.

Satu hari sebelum pembukaan, Joris kembali mampir ke booth Indonesia. Desainer game yang juga salah satu pendiri Splotter Spellen ini sejak empat tahun lalu memang menjalin pertemanan dengan Eko Nugroho, desainer game dan CEO Manikmaya Games.

“Setiap bertemu di SPIEL, sudah jadi semacam ritual bagi kami untuk bermain game tertentu. Kadang dia yang menang, kadang saya yang menang,” ujar Eko seperti disampaikan via komunikasi elektronik ke KompasTekno, Kamis (25/10/2018).

Tahun ini, ujar Eko, ada yang berbeda dengan pertemuan mereka. “Kali ini, saya berpikir, setiap bertemu kami selalu melawan satu sama lain (lewat board game) mengapa kami tidak mencoba bekerja sama?”

Gagasannya, tutur Eko, adalah membuat sebuah game bersama antara dirinya dan Joris. Bentuk pastinya belum ada dan masih akan dibicarakan lagi, namun kedua pria itu sepakat memasang target SPIEL ‘19 untuk mewujudkannya.

“Kami akan rilis sesuatu bersama pada SPIEL tahun depan. Itu targetnya!” ujar Eko.

Kebetulan, pertemuan yang terjadi pada Business Day SPIEL ‘18 ini disaksikan oleh Joshua Puji Mulia Simandjuntak, Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF).

“Kolaborasi kreatif antar negara seperti ini sangat kami harapkan. Semoga bisa terwujud. Ini bisa menjadi semacam pertukaran budaya antara kedua negara,” ujar Joshua.

Akan seperti apakah hasil kolaborasi antara keduanya? Kita tunggu saja.

Oleh: Wicak Hidayat, penggiat board game yang sedang mengikuti event SPIEL '18 di Essen, Jerman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.