Fitur Pendeteksi Jatuh Apple Watch Selamatkan Nyawa Pengguna

Kompas.com - 26/10/2018, 13:43 WIB
Apple Watch Series 4 IstiewaApple Watch Series 4

KOMPAS.com - Apple Watch kembali menjadi penyelamat. Kali ini, seri terbaru arloji pintar besutan Apple, yaitu Apple Watch Series 4, menyelamatkan nyawa seorang pria Swedia saat penyakit punggung akutnya kambuh.

Pria bernama Gustavo Rodriguez (34) dilaporkan sedang memasak saat merasakan sakit di punggungnya. Namun ia tidak menghiraukan rasa sakit itu, dan melanjutkan kegiatan memasak.

"Lalu saya terus menggoreng dan itu (sakit pinggang) mendadak menyerang saya. Rasanya seperti seseorang menusukkan pisau ke punggungku," ujar Rodriguez.

Rasa sakit yang hebat mementalkan tubuh Rodriguez ke lantai saat kompor yang ia gunakan untuk memasak, masih menyala. Ketika tubuhnya rubuh ke lantai, fitur pendeteksi jatuh di Apple Watch Series 4 miliknya mengirimkan notifikasi untuk menawarkan panggilan gawat darurat setempat.

Saat tergeletak di lantai, ia mencoba merangkak menuju sofa di ruang tamu, tapi ponselnya ada di ruangan lain dan rasa sakit di punggungnya semakin tak tertahankan. Ia akhirnya menghubungi ibu mertuanya yang tinggal dekat rumahnya melalui Apple Watch.

Setidaknya, dia berharap jika ibu mertuanya bisa mematikan kompor. Tak lama kemudian, datang sebuah mobil ambulans yang segera melarikannya ke rumah sakit.

Dilansir KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (26/10/2018), Rodriguez langsung mendapat penanganan berupa suntikan morfin untuk meredakan nyeri punggung yang akut.

Baca juga: Apple Watch Series 4 Resmi, Bisa Deteksi Ketika Pengguna Jatuh

Meski akhirnya Rodriguez menguhubungi ibu mertua melalui Apple Watch, di dalam Apple Watch Series 4 sendiri sejatinya telah tersedia fitur layanan panggilan darurat ototmatis.

Panggilan darurat otomatis akan muncul jika si pemakai arloji terdeteksi jatuh dan tidak merespon alarm dalam beberapa menit.

Fitur ini tersedia di Apple Watch Series 4 untuk pengguna yang berusia di atas 65 tahun dan bisa diganti secara manual melalui aplikasi Watch di iPhone jika pengguna berusia di bawah 65 tahun.

Selain menyarankan panggilan darurat, Apple Watch juga memberikan notifikasi kontak darurat dan membagikan lokasi ketika mendeteksi kejatuhan dan pengguna tidak memberikan respon.

Panggilan darurat juga bisa dilakukan dengan menekan tombol yang ada di samping bawah Digital Crown selama beberapa detik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber 9to5mac
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X