Melihat ke Dalam Pabrik Pembuatan Ponsel Oppo di China

Kompas.com - 27/10/2018, 12:42 WIB
Ruang depan saat memasuki pabrik Oppo yudha pratomo/KompasTeknoRuang depan saat memasuki pabrik Oppo

GUANGDONG, KOMPAS.com - Di gedung seluas 200.000 meter persegi, Oppo membuat semua perangkat ponselnya mulai dari nol. Meski seluruh prosesnya menggunakan mesin, prosesnya tak singkat, karena mesti melewati tahap quality control yang bahkan dilakukan berhari-hari.

Pabrik yang terletak di wilayah Dongguan, Guangdong China ini mempekerjakan sekitar 10.000 orang untuk segala bidang. Masuk ke dalam, pabrik ini cukup berbeda karena memiliki area terbuka hijau yang luasnya mencapai 50.104 meter persegi.

KompasTekno menjadi salah satu media dari Asia Tenggara yang berkesempatan untuk melihat proses pembuatan ponsel Oppo di pabrik ini dari dalam. Saat tiba di pabrik, kami langsung dipandu untuk menganakan baju khusus agar steril dan bersih.

Sebelum masuk pabrik Oppo, para pegawai diwajibkan menggunakan pakaian pelindung agar steril. yudha pratomo/KompasTekno Sebelum masuk pabrik Oppo, para pegawai diwajibkan menggunakan pakaian pelindung agar steril.

Pada tahap pertama kami diperlihatkan bagaimana komponen motherboard ponsel dibuat. Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto yang juga turut dalam rombongan, ada 7 line dalam memproduksi motherboard ini.

Baca juga: Cerita Sarjana yang Jadi Buruh Pabrik Apple, Pasang Sekrup yang Sama 12 Jam Sehari

Satu line diperkirakan dapat memproduksi 10.000 unit motherboard dalam waktu satu hari. Sehingga jika di hitung, ada sekitar lebih dari 70.000 motherboard dibuat per hari. Jumlah itu belum termasuk line produksi di gedung lain.

"Sekitar 10.000 per line, itu baru satu gedung, belum dihitung gedung lain," ungkap Aryo.

Motherboard yang telah dibuat kemudian harus melewati beberapa tahap pengujian. Pengujian itu antara lain adalah uji software, wifi, antena sinyal, dll.

Jika ada satu komponen yang dinyatakan gagal, maka satu line produksi akan diulang proses pembuatannya karena untuk pengujian ini, diambil masing-masing satu sample dari satu line produksi.

Mesin ini membuat motherboard dari seluruh ponsel Oppo. Dalam satu hari bisa lebih dari 10 ribu motherboard yang diproduksi. yudha pratomo/KompasTekno Mesin ini membuat motherboard dari seluruh ponsel Oppo. Dalam satu hari bisa lebih dari 10 ribu motherboard yang diproduksi.

Sayangnya rombongan wartawan dari Asia Tenggara tidak diperlihatkan proses lain secara detail. Setelah melihat pembuatan motherboard, rombongan diajak melihat proses quality control.

Ada beberapa tahap yang harus dilewati ponsel pada proses ini. Seperti dijatuhkan dari berbagai tingkat ketinggian, hingga diuji untuk dibengkokkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X