Menengok 10 Tahun Evolusi Android, dari “Cupcake” Hingga “Pie”

Kompas.com - 30/10/2018, 06:49 WIB
Ilustrasi Android PGoogle Ilustrasi Android P

KOMPAS.com - Sistem operasi mobile bikinan Google, Android, pada September lalu genap berusia 10 tahun. Google terus memperbarui OS andalannya itu dengan berbagai peningkatan.

Google selalu diberi julukan berupa nama cemilan manis sesuai huruf yang melambangkan versi Android menurut urutan alfabet, mulai dari Android 1.5 “Cupcake” (Android C) hingga yang tebaru Android 9 “Pie” (Android P).

Baca juga: Kilas Balik OS Android yang Hari Ini Berulang Tahun ke-10

Semanis apa perkembangannya? Berikut rangkuman singkat evolusi OS Android dari awal kelahirannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends dan Blog Google, Senin (29/10/2018).

Android 1.0

Ponsel HTC Dream dengan OS Android versi 1.0.HTC Ponsel HTC Dream dengan OS Android versi 1.0.
Versi komersial Android pertama kali hadir pada September 2008 di ponsel besutan T-Mobile, G1 (HTC Dream). 

Pada waktu debutnya ini, Android hanya memiliki nomor versi (Android 1.0) tanpa embel-embel nama cemilan.

Tak mau kalah saing dengan iOS (iPhone) yang hadir lebih dulu, Android 1.0 sudah dibekali notifikasi pull-down dan widgets di layar home screen, yang tidak ada pada iOS, serta kehadiran Google Play Store pertama yang waktu itu bernama Android Market.

Android 1.5 Cupcake

Android 1.5 Cupcake.Google Android 1.5 Cupcake.
Selang setahun kemudian, pada 2008, OS Android baru lahir dengan nama Cupcake (versi 1.5) Di versi inilah nama cemilan manis smulai dipakai.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X