Menengok 10 Tahun Evolusi Android, dari “Cupcake” Hingga “Pie”

Kompas.com - 30/10/2018, 06:49 WIB
Ilustrasi Android P GoogleIlustrasi Android P
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sistem operasi mobile bikinan Google, Android, pada September lalu genap berusia 10 tahun. Google terus memperbarui OS andalannya itu dengan berbagai peningkatan.

Google selalu diberi julukan berupa nama cemilan manis sesuai huruf yang melambangkan versi Android menurut urutan alfabet, mulai dari Android 1.5 “Cupcake” (Android C) hingga yang tebaru Android 9 “Pie” (Android P).

Baca juga: Kilas Balik OS Android yang Hari Ini Berulang Tahun ke-10

Semanis apa perkembangannya? Berikut rangkuman singkat evolusi OS Android dari awal kelahirannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends dan Blog Google, Senin (29/10/2018).

Android 1.0

Ponsel HTC Dream dengan OS Android versi 1.0.HTC Ponsel HTC Dream dengan OS Android versi 1.0.
Versi komersial Android pertama kali hadir pada September 2008 di ponsel besutan T-Mobile, G1 (HTC Dream). 

Pada waktu debutnya ini, Android hanya memiliki nomor versi (Android 1.0) tanpa embel-embel nama cemilan.

Tak mau kalah saing dengan iOS (iPhone) yang hadir lebih dulu, Android 1.0 sudah dibekali notifikasi pull-down dan widgets di layar home screen, yang tidak ada pada iOS, serta kehadiran Google Play Store pertama yang waktu itu bernama Android Market.

Android 1.5 Cupcake

Android 1.5 Cupcake.Google Android 1.5 Cupcake.
Selang setahun kemudian, pada 2008, OS Android baru lahir dengan nama Cupcake (versi 1.5) Di versi inilah nama cemilan manis smulai dipakai.

Cupcake untuk pertama kalinya menghadirkan on-screen keyboard, menggantikan papan ketik fisik yang sebelumnya dipakai oleh perangkat Android.  

Perubahan besar lainnya adalah kemampuan merekam video yang baru ditambahkan di Cupcake. Google turut membuka SDK widget Android sehingga para developer pihak ketiga bisa membuat widget sendiri untuk OS tersebut.

 

Android 1.6 Donut

Android 1.6 Donut.Digital Trends Android 1.6 Donut.
Dirasa masih kurang dari segi jaringan dan layar, Google memperbarui Android dnegan nama Donuts (versi 1.6) pada 2009 dengan menghadirkan dukungan untuk jaringan CDMA dan beragam ukuran layar.

Donuts menandai titik dimana Android sudah bisa disematkan dalam di perangkat dengan beberapa ukuran layar yang berbeda.

Selain itu, untuk memudahkan pengguna dalam menjelajahi antarmuka ponsel, muncul fitur baru berupa search box yang ada dalam home screen.

Android 2.0 Eclair

Android 2.0 Eclair.Google Android 2.0 Eclair.
Versi Android selanjutnya, yang bernama Eclair (versi 2.0), untuk pertama kalinya membawa fitur baru untuk mempermudah pengguna dalam bepergian, yakni Google Map.

Fitur peta yang kelak sangat populer itu datang lengkap dengan turn-by-turn navigation dan panduan suara  (voice guidance) yang masih ada hingga sekarang.

Muncul tak lama setelah Donut pada tahun yang sama, Eclair turut menambah dukungan HTML5 di browser, berikut kemampuan untuk memutar video. Lock screen turut dirombak dengan menambahkan fitur swipe to unlock ala iPhone.

Android 2.2 Froyo

Android 2.2 Froyo.Google Android 2.2 Froyo.
Hadir pada 2010, Android Froyo (Frozen Yoghurt, versi 2.2) melakukan debutnya pada ponsel seri Nexus pertama besutan Google, Nexus One.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X