Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Lewati Target 100 Juta Smartphone pada 2018

Kompas.com - 30/10/2018, 15:07 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Xiaomi, pabrikan ponsel asal China, mengumumkan target pengapalan smartphone sebanyak 100 juta unit secara global pada 2018.

Tahun ini masih tersisa beberapa bulan, namun Xiaomi rupanya telah berhasil melewati targetnya pada akhir pekan lalu. Kabar tersebut disiarkan oleh CEO Xiaomi, Lei Jun, lewat akun miliknya di media sosial China, Sina Weibo.

Jun menyatakan bahwa pabrikannya sudah mengirim 100 juta unit smartphone selama 10 bulan pertama 2018, meningkat sebesar 43 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pada 2017, Xiaomi juga berhasil melampaui target pengapalan smartphone global sebanyak 70 juta unit dalam 10 bulan sejak awal tahun.

Dirangkum KompasTekno dari South China Morning Post, Selasa (30/10/2018), Xiaomi mengirimkan 90 juta unit sepanjang 2017. Berarti, pegapalan smartphone Xiaomi pada 2018 hingga Oktober sudah pula melewati angka shipment keseluruhan tahun lalu.

Baca juga: Xiaomi Kini Pabrikan Smartphone Nomor 4 Terbesar di Dunia

Pada kuartal kedua 2018, lembaga riset pasar IDC menyebutkan bahwa Xiaomi adalah pabrikan smartphone terbesar keempat di dunia.

Xiaomi tercatat memiliki pangsa pasar smartphone global sebesar 9,3 persen, di bawah Apple di urutan ketiga (12,1 persen), Huawei di urutan kedua (15,8 persen), dan Samsung di urutan pertama (20,9 persen).

Huawei, sesama pabrikan smartphone asal Negeri Tirai Bambu, mencapai angka pengapalan smartphone 100 juta unit pada Juli lalu. Tahun ini Huawei menargetkan angka shipment dua kali lebih besar dari Xiaomi, yakni 200 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com