Update iOS 12.1 Bikin Jepretan Selfie iPhone XS Tak Lagi Terlihat "Palsu"

Kompas.com - 30/10/2018, 20:18 WIB
iPhone XS dan XS Max AppleiPhone XS dan XS Max

KOMPAS.com - Beberapa pekan setelah dipasarkan, beberapa pemilik awal iPhone XS dan XS Max mengeluhkan kualitas jepretan kamera depan. Hasil fotonya dianggap kelewat halus sehingga tampak palsu.

Apple berjanji akan memperbaiki masalah itu dalam update iOS 12.1 dengan pengaturan algoritma untuk SmartHDR yang memungkinkan hasil selfie terlihat lebih natural. Hari ini, pembaruan sistem operasi tersebut mulai digulirkan.

Sebelumnya, Apple sempat menjelaskan bahwa hasil foto selfie iPhone XS dan iPhone XS yang terlalu mulus diakibatkan oleh adanya bug di sistem HDR kamera.

Walhasil, jepretannya tampak seperti ditambahi filter "beautify" seperti yang marak dipakai di ponsel lain, meski kedua iPhone sebenarnya tidak menerapkan modifikasi untuk permak wajah seperti macam demikian.

Baca juga: Ini Penjelasan Kamera iPhone XS Hasilkan Selfie Kelewat Lembut

Di samping itu, dalam iOS 12.1 Apple juga memperkenalkan depth control untuk foto mode portrait di lini iPhone baru.

Perbandingan hasil selfie iPhone XS Max dengan iPhone X terdahulu.Avery Hartmans/ Business Insider Perbandingan hasil selfie iPhone XS Max dengan iPhone X terdahulu.

Dengan depth control ini, pengguna bisa mengubah ruang tajam (depth of field) menggunakan slider dalam mode preview atau sebelum jepretan dilakukan secara real time. Sebelumnya, depth of field hanya bisa diatur setelah mengambil gambar.

Facetime Group, dual SIM dan 70 emoji baru

Pembaruan lain yang signifikan di iOS 12.1 adalah FaceTime yang kini bisa menampung panggilan audio dan video hingga 32 orang. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa dilakukan oleh dua pengguna saja.

Di tampilan anatarmuka yang baru, saat panggilan video grup berlangsung akan muncul beberapa kotak menampilkan lawan bicara yang sedang aktif.

Kemudian, orang yang aktif berbicara akan muncul paling depan, sementara pengguna yang lebih banyak mendengarkan akan berada di belakang dengan ukuran kotak lebih kecil.

Salah satu pengguna juga bisa menunjuk orang lain untuk berbicara di layar paling depan.
Fitur ini akan mendukung semua lini iPhone, iPad, dan komputer Mac terbaru.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X