Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bikin "Controller" Game ala Xbox untuk Smartphone?

Kompas.com - 31/10/2018, 14:24 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren mobile gaming dengan smartphone belakangan semakin mengemuka, apalagi setelah sejumlah pabrikan merilis perangkat ponsel pontar yang khusus dirancang sebagai mesin game.

Seolah tak mau ketinggalan kereta, Microsoft baru-baru ini dikabarkan tengah membikin aksesori controller game untuk digunakan di smartphone atau tablet saat bermain.

Hal tersebut diketahui dari paper penelitian yang belakangan dipublikasikan Microsoft Research, soal eksperimen dengan konsep controller mobile gaming.

Di dalamnya, Microsoft Research memaparkan keterbatasan antarmuka touchscreen di smartphone dan tablet yang kurang nyaman untuk memainkan game.

Lalu, konsol mobile Nintendo Switch disebut berhasil mengatasi limitasi touchscreen tersebut dengan menambah controller fisik di sisi-sisi layar.

“Kesuksesan Switch adalah bukti nilai controller fisik untuk mobile gaming,” sebut Microsoft Research dalam paper penelitiannya, seperti dirangkum KompasTekno dari Windows Central, Rabu (31/10/2018).

Baca juga: Microsoft Luncurkan Konsol Xbox Terbaru pada 2020?

Bentuk sang perangkat sendiri disinyalir mirip controller konsol game Xbox besutan Microsoft. Controller bisa direntangkan atau terbagi dua untuk ditempatkan di sisi kiri dan kanan perangkat, mengapit layar dalam orientasi horizontal.

Microsoft kabarnya sudah membuat purwarupa controller game untuk smartphone ini, atau paling tidak sudah berupa model 3D berdasarkan rendering konsep, seperti pada gambar di atas.

Penelitian Microsoft soal controller game mobile sebenarnya sudah dilakukan sejak 2014, tapi baru belakangan kembali mengemuka, dipicu kesuksesan Nitendo Switch di pasaran.

Kendat demikian, sang controller sejauh ini masih berupa konsep. Belum jelas kapan ia akan hadir di pasaran, kalaupun benar-benar terwujud dalam bentuk produk jadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com