Tak Lagi Polos, Laman Mobile Google Mulai Tampilkan Konten “Discover” - Kompas.com

Tak Lagi Polos, Laman Mobile Google Mulai Tampilkan Konten “Discover”

Kompas.com - 31/10/2018, 15:18 WIB
Logo Google di kantornya di Jakarta.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Logo Google di kantornya di Jakarta.

KOMPAS.com - Situs mobile utama Google di alamat Google.com selama ini tampil sederhana dengan hanya berupa kotak pencarian di latar belakang berwarna putih.

Tampilan polos itu dalam waktu dekat bakal segera berubah dengan penambahan fitur baru bernama “Discover” yang diambil dari Google Feed (tadinya bernama Google Now).

Seperti Google Feeds di aplikasi mobile Google, laman mobile Google akan menampilkan deretan kartu (cards) di bawah kolom search utama.

Cards ini berupa linimasa konten di internet yang dinilai sesuai dengan ketertarikan pengguna berdasarkan sejarah (history) pencarian di Google, misalnya berita umum, entertainment, dan olahraga.

Masing-masing card berisi cover image, judul konten, dan rangkuman isi, berikut nama situs sumber dan tanggal publikasi konten yang bersangkutan.

Tampilan kartu-kartu dalam feed Discover di bawah kolom search utama, di laman mobile Google.  9to5 Google Tampilan kartu-kartu dalam feed Discover di bawah kolom search utama, di laman mobile Google.
Pengguna bisa membuka sebuah menu di pojok kanan tampilan cards untuk menyembunyikan konten (hide) apabila tidak tertarik, atau mengatur konten dari situs terkait agar tak muncul lagi dalam feed Discover.

Baca juga: Halaman Muka Google yang Kian Mirip Medsos

Lalu, menu lain di pojok kanan bawah bisa dipakai untuk menampilkan lebih banyak konten serupa atau lebih sedikit. Jenis konten lain yang bisa ditampilkan Discover termasuk video YouTube dan skor live pertandingan olahraga.

Seperti dirangkum KompasTekno dari 9to5 Google, Rabu (31/10/2018), pembaruan limimasa Discover di laman mobile utama Google ini telah mulai digulirkan secara bertahap.

Akhir pekan lalu, para pengguna Google di Amerika Serikat dilaporkan sudah mulai mendapati tampilan Discover di situs mobile Google di semua peramban, permasuk Chrome di Android dan Safari di iOS.

Feed Discover sendiri sebelumnya memang sudah dijanjikan bakal hadir di laman utama Google sebagai bagian dari perombakan besar-besaran, dalam rangka ulang tahun Google Search ke-20, akhir September lalu.

Selain Discover, Google Search juga telah mulai menerapkan fitur Google Lens berteknologi AI yang mampu mengenali obyek dalam sebuah gambar, lalu melakukan pencarian baru berdasarkan obyek tersebut.



Close Ads X