Beda Kamera Geser Xiaomi Mi Mix 3 dengan Oppo Find X dan ViVo Nex

Kompas.com - 01/11/2018, 19:16 WIB
Mi Mix 3Android Authority Mi Mix 3

KOMPAS.com - Ponsel andalan baru Xioami Mi Mix 3 benar-benar membawa desain yang inovatif dibanding jajaran lini Xioami yang lain. Tampilan depan Mi Mix 3 tampak menarik dengan display lebih luas, bingkai (bezel) yang sangat tipis di pinggir dan tidak ada poni menghiasi sudut display.

Sebagai gantinya, kamera dan beberapa sensor depan disembunyikan dengan mekanisme geser atau " slider".

Berbeda dengan mekanisme slider Oppo Find X atau Vivo Nex yang mengandalkan motor, slider Mi Mix 3 menggunakan desain slider magnetis.
Xiaomi pun membeberkan cara kerja slider di Mi Mix 3.

Menurut vendor asal China itu, ukuran punggung slider dipangkas hingga lebih dari 50 persen dibanding desain ponsel slider tradisional yang banyak digunakan dulu. Desain slider lama disebut tidak cocok untuk menunjang kebutuhan smartphone full-screen display.

Skema desain mekanisme slider pada Xioami Mi Mix 3Gizmo China Skema desain mekanisme slider pada Xioami Mi Mix 3

Ada beberapa hal yang harus di atasi seperti kerenggangan antar casing yang lebar, perangkat yang tidak tahan lama dan pengalaman menggeser yang dirasa perlu untuk dimoderenisasi.

Di flagship Mi Mix 3, kerenggangan antara display atas dan casing punggung sangat sempit, hasil dari peningkatan proses produksi yang dilakukan bersama pemasoknya. Dengan begitu, kerapatan antara casing atas dan bawah akan lebih terkontrol.

Xiaomi juga mengombinasikan struktur slide yang luas dan kecil, di mana rangkaian slider yang kecil disusun di tengah-tengah area motherboard bagian atas.

Komponen slider-slider yang kecil itu disebut tidak akan mengganggu kinerja antena. Sebab, tapi hal itu bisa diatasi dengan menghubungjan rel slider kecil, sehingga area-area yang tidak berhubungan di bagian atas ponsel akan terkunci rapat.

Baca juga: Xiaomi Mi Mix 3 Resmi Meluncur, Usung Kamera Selfie Tersembunyi dan RAM 10 GB

Sebagaimana KompasTekno lansir dari Gizmo China, Kamis (11/11/2018), desain ini akan mengurangi risiko bagian tepi ponsel yang bengkok akibat oenggeseran yang terlalu keras dan diklaim lebih kuat dalam mengntrol casing saat digeser.

Struktur slide ganda juga bisa meningkatkan pengalaman geser dan menahan struktur geser dari goncangan saat digunakan. Tak hanya akan menampilkan kamera selfie ganda, slider juga bisa dikustomisasi.

Pengguna bisa mengaturnya untuk menjawab panggilan telepon atau membuka aplikasi tertentu.

 




Close Ads X