Bukan Dari Samsung atau Huawei, Inilah Ponsel Lipat Pertama di Dunia

Kompas.com - 02/11/2018, 15:07 WIB
Smartphone lipat Royole Flexpai Royole FlexPaiSmartphone lipat Royole Flexpai

KOMPAS.com – Ponsel pertama di dunia dengan layar fleksibel yang bisa dilipat di bagian tengah telah resmi diperkenalkan pekan ini. Namanya Flexpai, bukan Samsung atau Huawei yang meluncurkannya.

Sang pembuatnya adalah Royole, perusahaan asal California, Amerika Serikat, yang namanya tak sebesar Huawei, Samsung, atau LG yang telah sesumbar akan menelurkan smartphone lipat tahun depan.

Dalam sebuah acara peluncuran yang digelar di China, Royole mendeklarasikan bahwa Flexpai itu adalah smartphone lipat komersil pertama di dunia. Konsep smartphone lipatnya mirip dengan buku.

Jika layarnya sedang dibentangkan, perangkat ini tampak seperti tablet dengan ukuran layar 7,8 inci. Ketika display dilipat, ukurannya layarnya berubah menjadi 4 inci. Royole memproduksi sendiri panel AMOLED fleksibel yang diperlukan untuk layar lipat Flexpai.

Perangkat menjalankan sistem operasi Android 9 Pie yang dilapisi dengan antarmuka besutannya yang disebut Water OS.

Antarmuka Water OS bisa berubah untuk menyesuaikan dengan skenario penggunaan perangkat, seperti ketika perangkat dilipat maka antarmuka akan berubah menjadi smartphone.

Selainm menyandang predikat ponsel lipat pertama di dunia, Flexpai sekaligus menjadi perangkat pertama yang ditenagai System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8150 besutan Qualcomm.

Chip yang belum diluncurkan secara resmi oleh Qualcomm ini dipadankan dengan 6 GB dan memori internal 128 GB. Ada pula model dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB atau 512 GB.

Baca juga: Huawei Bakal Mendului Samsung Rilis Ponsel Lipat?

Pindah ke sektor kamera, sensor utamanya beresolusi 16 megapiksel dan ada kamera sekunder 20 megapiksel yang berfungsi sebagai telephoto.

Ketika perangkat tidak terlipat, dua kamera tersebut menghadap ke depan bisa digunakan untuk swafoto dan ketika dilipat bisa digunakan sebagai kamera belakang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X