iPhone 5 Sudah Tak Bisa Diperbaiki Apple - Kompas.com

iPhone 5 Sudah Tak Bisa Diperbaiki Apple

Kompas.com - 05/11/2018, 13:02 WIB
iPhone 5Apple iPhone 5

KOMPAS.com - Apple resmi memasukan iPhone 5 ke jajaran "vintage products" alias produk lawas di Amerika Serikat dan Turki.

Produk lawas didefinisikan sebagai produk Apple yang sudah dimanufaktur lebih dari lima tahun tapi kurang dari tujuh tahun, tergantung pada undang-undang domestik dan nasional yang berlaku.

Tak hanya di Amerika Serikat, iPhone 5 juga telah diklasifikasi menjadi "obselete product" atau produk usang. Produk disebut telah usang oleh Apple ketika proses produksinya telah disetop kurang lebih tujuh tahun lalu.

Dengan demikian, Apple sudah tidak lagi menawarkan layanan perbaikan hardware untuk iPhone 5, sebagaimana produk lawas lainnya.

"Apple telah menyetop semua layanan hardware untuk produk usang tanpa terkecuali," begitu tulis Apple di laman dukungan resmi Apple.

Di Amerika Serikat, pemilik iPhone lawas, mencakup iPhone 5, 4, dan 3GS, bisa mendapatkan layanan servis non-hardware melalui layanan Apple di California. Apple juga menyediakan layanan servis untuk produk Mac lawas di Turki.

Apple merilis iPhone 5 pada tahun 2012, yang dijalankan dengan iOS 6 seharga 200 dollar AS saat itu. Layarnya berbentang 4 inci dang memiliki koneksivitas 4G. Saat itu, Apple untuk pertama kalinya memperkenalkan prosesor A6.

Baca juga: Ganti Baterai dan Layar iPhone XR Lebih Mudah daripada Android

Tahun 2014, Apple mengadakan program battery-recall untuk menanggulangi masalah baterai di iPhone 5.

Meski sudah menutup servis hardware, Apple berencana meluncurkan program baru berjuluk "Repair Vintage Apple Products Pilot", sebagaimana KompasTekno lansir dari ZD Net, Senin (5/11/2018).

Belum ada detail lebih lanjut soal rencana program ini yang masih digodok secara internal. Program ini ditujukan untuk Apple Stores dan toko servis Apple.

Perangkat yang bisa masuk program tersebut di antaranya adalah iPhone 5, MacBook Air 11 inci dan 13 inci yang meluncur pada tahun 2012. Di Amerika Serikat dan Turki, iMac model layar 21,5 inci dan 27 inci kekuaran tahun 2011 juga masuk dalam program ini.

Program ini hanya menawarkan perbaikan bagian yang tersedia saja.
Jika tidak tersedia, pelanggan akan diberi tahu jika onderdil tidak tersedia.

Kabarnya, pada 30 November mendatang, Apple akan menambah lagi daftar perangkatnya yang masuk dalam jajaran produk lawas untuk masuk dalam program ini. Termasuk iPhone 4s dan MacBook Pro 15 inci yang keluar tahun 2012.

Kemudian pada tanggal 30 Desember, akan disusul MacBook Pro (Retina 13 inci) yang dikeluarkan akhir tahun 2012, MacBook Pro (Retina 13 inci) yang rilis awal 2013, MacBook Pro (Retina) yang rilis pertengahan 2012, Mac Pro yang rilis pertengahan 2012, dan terakhir iPhone 5.

Baca juga: Cerita Tukang Servis Layar iPhone yang Dituntut Apple



Close Ads X