Kompas.com - 05/11/2018, 13:02 WIB

KOMPAS.com - Apple resmi memasukan iPhone 5 ke jajaran "vintage products" alias produk lawas di Amerika Serikat dan Turki.

Produk lawas didefinisikan sebagai produk Apple yang sudah dimanufaktur lebih dari lima tahun tapi kurang dari tujuh tahun, tergantung pada undang-undang domestik dan nasional yang berlaku.

Tak hanya di Amerika Serikat, iPhone 5 juga telah diklasifikasi menjadi "obselete product" atau produk usang. Produk disebut telah usang oleh Apple ketika proses produksinya telah disetop kurang lebih tujuh tahun lalu.

Dengan demikian, Apple sudah tidak lagi menawarkan layanan perbaikan hardware untuk iPhone 5, sebagaimana produk lawas lainnya.

"Apple telah menyetop semua layanan hardware untuk produk usang tanpa terkecuali," begitu tulis Apple di laman dukungan resmi Apple.

Di Amerika Serikat, pemilik iPhone lawas, mencakup iPhone 5, 4, dan 3GS, bisa mendapatkan layanan servis non-hardware melalui layanan Apple di California. Apple juga menyediakan layanan servis untuk produk Mac lawas di Turki.

Apple merilis iPhone 5 pada tahun 2012, yang dijalankan dengan iOS 6 seharga 200 dollar AS saat itu. Layarnya berbentang 4 inci dang memiliki koneksivitas 4G. Saat itu, Apple untuk pertama kalinya memperkenalkan prosesor A6.

Baca juga: Ganti Baterai dan Layar iPhone XR Lebih Mudah daripada Android

Tahun 2014, Apple mengadakan program battery-recall untuk menanggulangi masalah baterai di iPhone 5.

Meski sudah menutup servis hardware, Apple berencana meluncurkan program baru berjuluk "Repair Vintage Apple Products Pilot", sebagaimana KompasTekno lansir dari ZD Net, Senin (5/11/2018).

Belum ada detail lebih lanjut soal rencana program ini yang masih digodok secara internal. Program ini ditujukan untuk Apple Stores dan toko servis Apple.

Halaman:
Sumber ZDNet


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.