Xiaomi Ungkap Rahasia Tembus Target 100 Juta Unit Smartphone - Kompas.com

Xiaomi Ungkap Rahasia Tembus Target 100 Juta Unit Smartphone

Kompas.com - 06/11/2018, 07:08 WIB
Logo Xiaomi terpajang di kantor pusat Xiaomi Indonesia yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.YUDHA PRATOMO/KOMPAS.com Logo Xiaomi terpajang di kantor pusat Xiaomi Indonesia yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski masih menyisakan dua bulan, CEO Xiaomi, Lei Jun membeberkan bahwa vendor smartphone asal China ini telah memenuhi target pengapalan smartphone untuk tahun 2018.

Jumlah yang dicapai adalah pengapalan 100 juta unit smartphone secara global.  

Angka ini meningkat sebesar 43 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Kabar ini diutarakan Lei Jun lewat akun media sosial Weibo miliknya.

Menanggapi kabar ini, Chief Finance Officer Xiaomi Global, Chew Shouzi turut angkat bicara. Chew mengatakan bahwa pencapaian ini diperoleh Xiaomi karena beberapa faktor salah satunya tentu saja adalah faktor harga.

"Kami punya kekuatan besar yang membuat kami menjadi seperti saat ini dan berkembang di masa depan. Kami menjadikan pengguna kami sebagai sahabat dengan memberi produk yang oke dan harga rasional," ungkap Chew ketika berbincang dengan KompasTekno di kantor Xiaomi Indonesia, Senin (5/11/2018).

"Tidak ada perusahaan lain seperti kami. Coba tanyakan saja pada pengguna mengapa mereka menyukai kami. Kami punya produk bagus dengan harga terjangkau," tambahnya.

Kendati demikian, ia menolak jika Xiaomi dinyatakan sebagai produk yang murah. Ia lebih memilih dikatakan sebagai produk dengan harga rasional ketimbang harga murah.

"Juga desain user experience dan kualitas. Jika kami tidak ada ini, kami tidak akan bisa bersaing. Namun kami menjualnya dengan harga yang ramah kantong. Itulah rahasianya bisa mencapai 100 juta unit," imbuh Chew.

Capaian pada 2018 ini mengulang pencapaian Xiaomi pada 2017 lalu. Pada 2017, Xiaomi juga berhasil melampaui target pengapalan smartphone global sebanyak 70 juta unit dalam 10 bulan sejak awal tahun.

Pada kuartal kedua 2018, lembaga riset pasar IDC menyebutkan bahwa Xiaomi adalah pabrikan smartphone terbesar ke-empat di dunia.

Baca juga: Xiaomi Geser Oppo Jadi Vendor Ponsel Terbesar Kedua di Indonesia

Xiaomi tercatat memiliki pangsa pasar smartphone global sebesar 9,3 persen, di bawah Apple di urutan ketiga (12,1 persen), Huawei di urutan kedua (15,8 persen), dan Samsung di urutan pertama (20,9 persen).



Close Ads X