Video 8K Pertama dari Luar Angkasa Mendarat di YouTube - Kompas.com

Video 8K Pertama dari Luar Angkasa Mendarat di YouTube

Kompas.com - 06/11/2018, 14:26 WIB
Video kualitas 8K pertama yang direkam di luar angkasa.YouTube/NASA Video kualitas 8K pertama yang direkam di luar angkasa.

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa AS, NASA merilis video baru di kanal YouTube-nya, Jumat (2/11/2018) silam. Bukan unggahan video biasa, konten itu merupakan video resolusi 8K pertama yang direkam di luar angkasa.

Video 8K itu direkam menggunakan kamera RED Helium 8K yang mampu menangkap gambar pada resolusi 8192 x 4320. Gambar bergerak itu diambil di International Space Station (ISS) oleh beberapa astronot.

Sebelumnya, kamera 8K itu diantar ke ISS pada misi pasokan kargo SpaceX ke-14 pada bulan April silam, melalui sebuah perjanjian ruang angkasa antara NASA dan RED.

Meskipun kamera dikirim pada bulan April, namun para astronot NASA di ISS baru sempat membuat beberapa rekaman belakangan ini.

Rekaman video tersebut kembali dikirimkan dari ISS ke bumi pada awal November, lalu diunggah ke platform video YouTube pada 2 November, bertepatan dengan 18 tahun manusia tinggal di ISS serta 20 tahun pasca-peluncuran dari Bumi.

Baca juga: Ini Dia, Video 8K Pertama di YouTube

Menurut Dylan Mathis, Communication Manager ISS di Johnson Space Center Houston, rekaman ini merupakan sebuah kisah ruang angkasa yang memproyeksikan kehidupan di luar Bumi dengan detail gambar lebih jelas.

"Dunia teknologi kamera terus berkembang, dan melihat planet kita dalam resolusi tinggi adalah suatu pencapaian,” sebut Dylan sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digit.in, Senin (5/11/2018).

Untuk menikmati video dari NASA dengan resolusi 8K itu dengan puas, pengguna harus memiliki layar yang juga sesuai, dan memiliki kemampuan menampilkan gambar resolusi 8K.

Diketahui, jumlah monitor 8K yang dijual di pasaran masih sedikit. Beberapa di antaranya adalah Monitor Dell UP3218K 8K, yang dipamerkan di CES 2017, Samsung Q900, serta LG 8K OLED TV yang dipamerkan di IFA 2018 di Berlin.

Kendati demikian, pengguna masih bisa menonton video YouTube tersebut dalam resolusi 4K, 2K, ataupun di bawahnya lagi sesuai kemampuan layar, meski ketajaman gambar akan berkurang



Close Ads X