Instagram Siapkan Stories Khusus Untuk Pelajar di Sekolah? - Kompas.com

Instagram Siapkan Stories Khusus Untuk Pelajar di Sekolah?

Kompas.com - 07/11/2018, 19:02 WIB
Ilustrasi Instagram Stories.Istimewa Ilustrasi Instagram Stories.

KOMPAS.com - Instagram tidak habis-habisnya mengeluarkan fitur baru. Layanan berbagi foto milik Facebook itu kali ini disebut sedang menguji fitur Stories yang khusus dirancang untuk para pelajar di lingkungan sekolah.

Mode baru yang disebut School Stories ini memungkinkan pengguna di satu sekolah untuk berbagi dan melihat Stories antara satu sama lain yang ada di area sekolah.

Hanya orang-orang di dalam komunitas sebuah sekolah yang bisa melihat dan berkontribusi ke School Stories milik sekolah bersangkutan.

Baca juga: IGTV Bisa Dibagikan ke Instagram Stories, Begini Caranya

Kabarnya pula, konten-konten yang diunggah ke School Stories akan dimoderasi dan diulas "secara manual" untuk memastikan keamanannya. "Aman" dalam hal ini berarti bebas dari hal-hal seperti bullying dalam berbagai bentuknya.

Keberadaan fitur School Stories pertama kali ditemukan dalam baris kode aplikasi Instagram oleh software engineer Jane Manchun Wong yang kemudian mengunggah temuannya ke Twitter.


Sebagaimana dirangkum KompasTekno, dari The Verge, Rabu (7/11/2018), dalam screenshot baris kode Instagram yang diunggah Wong tertera nama "School Srories", berikut keterangan soal moderasi konten tadi.

Konsep berbagi stories antar sesama pelajar di satu sekolah sebenarnya tak benar-benar lalu. Instagram sendiri kini sudah memungkinkan para pengguna untuk mengunggah stories secara kolektif tentang suatu lokasi atau hashtag.

Bulan lalu, Instagam juga diketahui menguji coba layanan serupa School Stories, tapi ditujukan bagi mahasiswa di satu lingkungan kampus.

Para anggota grup kampus di Instagram bisa melihat posting Stories publik masing-masing dan berkirim Direct Message antar sesama anggota.

Baca juga: Video di Instagram Stories Sekarang Bisa Lebih Lama dari 15 Detik

Instagam menerapkan penilaian berdasarkan konten posting, lokasi, dan jejaring pertemanan untuk mengundang pengguna bergabung ke network almamaternya.

Sang empunya Instagram, Facebook, juga telah menyediakan fasilitas Stories kolaboratif untuk liburan, di mana pengguna dan teman-temannya bisa saling melihat koleksi stories masing-masing terkait suatu event liburan besar (misalnya Halloween) atau ajang lain.

Soal fitur School Stories sendiri, masih belum jelas kapan Instagram akan merilisnya secara resmi, kalaupun nanti benar-benar diterapkan di aplikasinya.



Close Ads X