Baterai dan Memori Jumbo Galaxy Note 9 Janjikan Liburan Anti-ruwet - Kompas.com
TechTrip

Baterai dan Memori Jumbo Galaxy Note 9 Janjikan Liburan Anti-ruwet

Kompas.com - 07/11/2018, 20:48 WIB
Baterai dan memori Galaxy Note 9 bisa diandalkan selama liburan.Lulu Cinantya/kompas.com Baterai dan memori Galaxy Note 9 bisa diandalkan selama liburan.

SEOUL, KOMPAS.com - Smartphone dengan memori jumbo dan baterai tahan lama adalah “harga mati” ketika melancong, apalagi ke tempat-tempat yang baru pertama kali disambangi.

Pasalnya, hasrat untuk membidik foto dan merekam video di berbagai sudut tak terelakkan. Layanan peta digital, penerjemah, dan konversi mata uang pun, kerap diakses karena ketidaktahuan sebagai pendatang.

Menurut Michael Prajanto dari channel YouTube Nerd Reviews, salah satu smartphone yang terbukti andal dan anti-ruwet untuk dibawa bepergian adalah Samsung Galaxy Note 9.

Klaim ini berdasarkan pengalamannya selama enam hari berlibur ke Seoul, Korea Selatan, dalam program “ TechTripKompasTekno beberapa saat lalu.

Baca juga: TechTrip #1, Merasakan Budaya Teknologi Sambil Kuliner di Seoul

“Selama di Seoul nggak ada ceritanya Galaxy Note 9 yang saya bawa kehabisan baterai di tengah jalan, lalu nyari-nyari colokan atau powerbank. Seharusnya ini jadi hal lazim untuk semua perangkat flagship,” kata dia.

“Untuk penyimpanan, sebenarnya memori 128 GB pun tidak penuh-penuh untuk gue nyimpan foto-foto dan video. Galaxy Note 9 malah kasih 512 GB yang lebih mantap lagi untuk ke depan-depannya,” ia menambahkan.

Baterai dan memori Galaxy Note 9 bisa diandalkan ketika liburan.Lulu Cinantya/kompas.com Baterai dan memori Galaxy Note 9 bisa diandalkan ketika liburan.

Galaxy Note 9 memang digadang-gadang sebagai flagship untuk “powerfull generation”, yakni generasi muda yang aktif, produktif, dan tak bisa dibatasi. Tak tanggung-tanggung, performanya disetel serba jumbo.

Baterainya berkapasitas 4.000 mAh yang disebut-sebut tahan dipakai seharian dengan pemakaian standar. Jika habis, daya cuma memerlukan waktu 1,5 jam untuk terisi penuh, berkat teknologi pengisian cepat (fast charging).

Baca juga: Galaxy Note 9 Gantikan Kamera Profesional dan Laptop Selama Liburan

Memorinya sendiri bisa dibilang meningkat drastis. Samsung tak tanggung-tanggung membekali ponselnya dengan memori 512GB dan masih bisa diekspansi menjadi 1TB dengan memori eksternal.

Dari segi performa, Galaxy Note 9 memang masih mengusung prosesor yang sama dengan Galaxy S9 Plusm, yakni Snapdragon 845 atau Exynos 9810, tergantung wilayah pemasarannya.

Kendati begitu, ada beberapa software yang ditambahkan untuk menunjang performa, yakni AI core (untuk teknologi AI) dan cooling system untuk memastikan smartphone tak cepat panas.

Simak perjalanan KompasTekno menelusuri kota Seoul dalam program "TechTrip" hasil kerja sama Kompas.com dan Samsung Indonesia di video berikut ini.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X