Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmi Kenalkan Ponsel Layar Lipat, Begini Cara Kerjanya

Kompas.com - 08/11/2018, 08:14 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Setelah sekian lama menjadi bahan perbincangan, Samsung akhirnya mulai membeberkan rancangan ponsel layar lipat yang tengah mereka kembangkan.

Dalam acara Samsung Developer Conference yang dihelat pada Kamis (8/11/2018) dini hari WIB, Samsung memamerkan spesifikasi layar yang bakal diusung pada ponsel ini.

Dengan mengusung nama "Infinity Flex Display", Samsung menyematkan layar seluas 7,3 inci atau seukuran tablet dengan panel Super AMOLED. Ketika dilipat secara vertikal, layar ponsel ini akan menyusut menjadi 4,6 inci.

Di atas panggung Developer Conference yang berlangsung di Moscone Centre San Fransisco, Amerika Serikat, Samsung juga mengungkapkan bahwa kondisi ketika ponsel ini dilipat atau tidak, akan mempengaruhi resolusi layar.

Ketika tidak dilipat, resolusi layar dapat mencapai 1.536 x 2152 piksel. Sementara saat dilipat, resolusinya menjadi 840 x 1.960 piksel.

Kondisi tersebut juga berpengaruh pada aspek ratio si ponsel tersebut. Saat dilipat, meski layarnya hanya akan berukuran sekitar 4,6 inci, aspek rationya akan berubah menjadi 21:9.

Baca juga: Bukan Dari Samsung atau Huawei, Inilah Ponsel Lipat Pertama di Dunia

Artinya, bentuk layar ponsel ini akan terlihat memanjang ketika dalam kondisi dilipat.

Sementara ketika ponsel tidak dalam kondisi terlipat, perbandingan aspek rationya akan menjadi sekitar 4,2:3. Angka perbandingan aspek ratio ini membuat ponsel terlihat benar-benar menyerupai sebuah tablet.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (8/11/2018), Samsung memastikan kesiapannya untuk memproduksi secara massal ponsel jenis layar lipat ini. Meski demikian, Samsung tak membeberkan spesifikasi selain layar di jenis ponsel ini.

Belum jelas juga kapan ponsel ini akan diluncurkan. Namun rumor yang beredar mengatakan ponsel ini akan diungkap pada publik dalam gelaran akbar MWC 2019 mendatang.

Google sendiri selaku penyedia OS Android juga telah mengonfirmasi bahwa sistem operasinya itu bakal mendukung ponsel model layar lipat, dan OS versi ini bakal dirilis pada Januari 2019 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com