Penampakan Terjelas 5 Kamera di Punggung Nokia 9 - Kompas.com

Penampakan Terjelas 5 Kamera di Punggung Nokia 9

Kompas.com - 08/11/2018, 17:11 WIB
Bocoran gambar rendering 3D Nokia 991Mobiles, @OnLeaks Bocoran gambar rendering 3D Nokia 9

KOMPAS.com - HMD Global selaku pemilik lisensi merek ponsel Nokia ditengarai tengah bersiap meluncurkan sebuah smartphone high-end bernama Nokia 9.

Pekan ini, sebuah bocoran video hasil rendering 3D memperlihatkan tampang perangkat yang diduga memiliki 5 kamera di punggungnya tersebut secara terang benderang.

Bocoran gambar rendering 3D ini tampak mirip dengan konsep yang beredar sebelumnya dan bisa dibilang memperlihatkan tampilan terjelas dari Nokia 9.

Dari depan, sang ponsel tampak biasa saja dengan layar 5,9 inci yang menganut aspect ratio 18:9. Tak ada poni di bagian atasnya, hanya earpiece dan sebuah kamera depan di bingkai display.

Baca juga: Sertifikasi Ungkap Nokia 9 Punya 3 Varian

Yang menarik adalah bagian punggungnya, di mana terdapat tujuh buah lingkaran kecil yang disusun melingkar, serupa bentuk segi enam. 

Lima dari tujuh lingkaran kecil itu disiyalir memuat kamera, sementara dua lingkaran selebihnya menampung lampu kilat LED dan sensor jarak.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (8/11/2018), sejauh ini masih belum jelas apa saja fungsi kelima kamera Nokia 9, kalau memang benar jumlahnya sebanyak itu.  

Mungkin HMD Global menyematkan lima lensa dengan focal length berbeda. Atau bisa jadi cara kerjanya mirip kamera light field capture Lytro yang mampu mengontrol ruang tajam (depth of field) dengan presisi. 

Nokia 9 sendiri diprediksi bakal menjadi ponsel pertama yang kembali menyandang brand “PureView”, setelah kepemilikannya diambil alih oleh HMD Global beberapa waktu lalu.

Jadi, kemungkinan besar HMD Global memang akan menekankan fungsi kamera pada smartphone ini, layaknya ponsel-ponsel Nokia jadul yang menyandang gelar PureView. 

Baca juga: Nokia Bakal Tempel "PureView" di Ponsel Android

Untuk spesifikasi, Nokia 9 dirumorkan bakal memakai chip Snapdragon 845 dengan RAM 8 GB, storage 128 GB, serta baterai 4.150 mAh. 

Sepertinya sudah bisa dipastikan pula bahwa ia akan langsung menjalankan sistem operasi Android 9 Pie langsung dari pabrik. 

Nokia 9 kemungkinan bakal diperkenalkan pada awal 2019. Harganya masih belum jelas, tapi bisa ditebak bakal lebih mahal dari seri Nokia 8, mengingat ia akan duduk di urutan teratas alias flagship Nokia.  

Video bocoran rendering 3D Nokia 9 selengkapnya dapat dilihat di tautan berikut.

 



Close Ads X