Xiaomi AirDots, Earphone Nirkabel Murah Meriah Pesaing Apple AirPods

Kompas.com - 09/11/2018, 15:16 WIB
Earphone nirkabel Xiaomi AirDots berikut aksesori charging case. XiaomiEarphone nirkabel Xiaomi AirDots berikut aksesori charging case.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Mengikuti tren wireless earphone yang dipicu  Apple AirPods, Xiaomi, pabrikan ponsel China, ikut merilis produk earphone nirkabelnya dengan harga yang lebih terjangkau.

Produk earphone Xiaomi itu disebut AirDots. Dari namanya, terlihat Xiaomi seakan mengikuti earphone bikinan Apple.

Bahkan, warnanya (putih) dan penamaan produk (penggunaan kata "Air" dan huruf kapital tengah "D") pun terlihat mirip dengan produk bikinan perusahaan asal Cupertino tersebut.

Fitur yang dimiliki rupanya juga mirip dengan AirPods. AirDots memiliki kontrol sentuh fisik dan fitur pengisian melalui case yang ringkas serta dukungan konektivitas Bluetooth 5.0.

Karena merupakan model in-ear, AirDots ini memiliki ujung silikon yang berfungsi untuk mengisolasi suara di dalam telinga.

AirDots diklaim memiliki ketahanan baterai hingga 4 jam untuk playback stereo. Angka itu bisa diperpanjang hingga 12 jam dengan melakukan pengisian baterai di aksesori charging case.

Baca juga: Earphone dengan Google Asisstant Bisa Menerjemahkan Lawan Bicara

Dengan fitur yang mirip AirPods itu, earphone wireless bikinan Xiaomi dibanderol dengan harga 30 dollar AS atau sekitar Rp 437 ribuan, jauh lebih murah dibandingkan dengan AirPods buatan Apple yang dipatok di harga 160 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 jutaan.

Dengan harga demikian, earphone pabrikan China itu boleh jadi akan diminati oleh pengguna yang ingin menggunakan dan mencoba earphone mirip AirPods tanpa membeli versi mahalnya.

Namun, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (9/11/2018), sang earphone nirkabel bikinan Xiaomi ini mungkin diragukan performa serta kualitas suaranya, menimbang harganya yang relati murah.

Banderolnya juga lebih murah dibanding sejumlah produk sejenis bikinan perusahaan lain di luar Apple.

Earphone wireless besutan Oppo, O-Free, misalnya, dijual 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 jutaan, tapi memiliki kualitas suara yang hampir sama dengan AirPods meski tidak sama persis.

Xiaomi AirDots sejauh ini baru tersedia untuk pemesanan di wilayah China. Belum diketahui kapan earphone wireless tersebut akan dipasarkan di negara lain.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X