Melihat One UI, Antarmuka Masa Depan untuk Ponsel Samsung - Kompas.com

Melihat One UI, Antarmuka Masa Depan untuk Ponsel Samsung

Kompas.com - 10/11/2018, 07:33 WIB
Ilustrasi tampilan antarmuka Samsung One UISamsung Ilustrasi tampilan antarmuka Samsung One UI

KOMPAS.com - Selain memamerkan beberapa perkembangan pabrikannya, seperti ponsel lipat, di ajang Samsung Developer Conference pekan ini, Samsung juga mendemonstrasikan antarmuka (UI) teranyar untuk smartphone Android besutannya.

UI tersebut bernama One UI yang diklaim Samsung sebagai tampilan antarmuka yang paling memfokuskan pada kenyamanan pengguna (user experience, UX) saat ini.

"Tampilannya diubah sedemikian rupa untuk mengurangi ketidakrapian dan memungkinkan pengguna untuk bernavigasi di ponsel mereka dengan cepat dan mudah," sebut pihak Samsung di acara SDC. 

Baca juga: Samsung Resmi Kenalkan Ponsel Layar Lipat, Begini Cara Kerjanya

Nantinya, tampilan notifikasi One UI akan memiliki dua bagian, yaitu satu bagian teks besar di setengah tampilan atas ponsel dibekali dengan search bar dan tombol settings, serta opsi lain di setengah bagian layar ponsel.

Tampilan Samsung One UISamsung Tampilan Samsung One UI


Opsi lain yang terletak di bawah ini disebut Samsung untuk mempermudah pengguna mengakses dengan satu tangan tanpa harus menjangkau ke atas layar.

Pada sisi perangkat lunak, beberapa aplikasi bawaan raksasa Korea Selatan akan memiliki tampilan yang terbelah menjadi dua pula, seperti terlihat pada aplikasi Message.

Pada bagian atas, akan terlihat "viewing area" yang menunjukkan pratinjau aplikasi itu dalam huruf besar beserta satu search bar yang terletak di bawah pratinjau untuk mencari pesan secara singkat.

Tampilan aplikasi pesan di Samsung One UI.Samsung Tampilan aplikasi pesan di Samsung One UI.
Sementara pada bagian bawah aplikasi, akan ditemui sisa opsi-opsi aplikasi terkait seperti daftar isi pesan, lengkap dengan nama dan foto pengirim.

Selain pemecahan dua sisi, raksasa ponsel itu juga mengimplementasikan mode gelap untuk mempermudah pengguna dalam membaca teks yang nyaman di mata. Mode gelap juga disebut menghemat baterai.

Baca juga: Samsung Akhirnya Bakal Ikutan Tren Ponsel Berponi

Menariknya, terkait mode, tema warna yang akan diusung antarmuka anyar ini bisa diseragamkan berdasarkan warna fisik ponsel tersebut. Ini artinya jika pengguna memiliki ponsel S9 Plus Lilac Purple, maka akan ditemukan banyak elemen warna ungu dalam tampilan tema ponsel.

Antarmuka yang berarti "satu" dalam bahasa Indonesia ini akan hadir di ponsel Galaxy S9, S9 Plus, dan Note 9 pada awal Januari 2019 yang boleh jadi bersamaan dengan update Android 9 Pie untuk model-model smartphone tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digitaltrends, Sabtu, (10/11/2018).



Close Ads X