Kompas.com - 10/11/2018, 11:18 WIB
Lasso, aplikasi pesaing TikTok buatan Facebook. FacebookLasso, aplikasi pesaing TikTok buatan Facebook.

KOMPAS.com - Setelah beberapa waktu lalu diperbincangkan, raksasa jejaring sosial Facebook akhirnya resmi meluncurkan Lasso, aplikasi berbasis video pendek tersendiri yang mirip TikTok.

Aplikasi ini hadir dalam rangka merebut pengguna remaja kekinian atau milenial yang semakin ke sini semakin meninggalkan Facebook, dimana hanya setengah dari total pengguna remaja (awalnya 71 persen pada 2015) yang masih menggunakan media sosial tersebut pada saat ini.

Lasso sejatinya mirip dengan TikTok/Musically yang dibuat untuk hiburan. Fitur-fitur yang ada pun rupanya mirip dengan aplikasi pesaing.

"Lasso adalah aplikasi mandiri berisi video pendek yang menghibur, dari komedi, kencantikan, hingga fitness dan lainnya." sebut pihak Facebook.

Perusahaan itu juga menambahkan secara perlahan akan mengumpulkan umpan balik dari pengguna Lasso untuk mengembangkan potensinya.

Baca juga: TikTok Sudah Lampaui Facebook, Instagram, dan YouTube
 
Dilansir KompasTekno dari Gizmodo, Sabtu (10/11/2018), Lasso memiliki kemampuan tampilan full-screen, halaman Discover, di mana pengguna bisa mencari video bikinan pengguna lain, serta satu halaman linimasa yang berjudul 'Today's top Creators'.

Halaman itu memungkinkan pengguna bisa melihat pembuat video terbaik, atau video yang sedang trending. Seluruh fitur tersebut diklaim bisa dinavigasi secara mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pembuatan konten, aplikasi Lasso itu dibekali dengan tool yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lip sync, merekam video pendek, dan menyertakan musik (yang terlisensi pada katalog) ke dalam video yang bisa diatur kecepatannya, sama seperti yang ada pada TikTok.

Selain unggahan dan profil pengguna bisa terlihat secara 'public', Lasso juga memiliki kemampuan 'cross-platform', yang berarti pengguna bisa mengunggah videonya ke Facebook Stories.

Facebook juga menjanjikan 'cross-platform' Lasso dengan Instagram Stories yang akan datang dalam beberapa waktu kedepan.

Aplikasi Lasso mulai disebar untuk platform Android dan iOS. Pengguna Lasso bisa login dengan mudah menggunakan akun Facebook atau Instagram.

Namun, Indonesia belum kebagian aplikasi video hiburan buatan Facebook ini. Pasalnya, aplikasi Lasso baru bisa dijumpai di toko aplikasi oleh pengguna yang berdomisili di Amerika Serikat (AS) saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.