Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Hadir di Konsol Nintendo Switch

Kompas.com - 10/11/2018, 18:06 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Minimnya aplikasi pemutar video streaming kerap menjadi salah satu kendala bagi para pengguna Nintendo Switch. Namun kini tidak lagi, pasalnya Google telah merilis aplikasi YouTube yang dibuat khusus untuk konsol Nintendo Switch.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis lewat situs web resmi Nintendo. Tak ada biaya apa pun yang dibebankan, pengguna cukup melakukan login pada akun My Nintendo, kemudian dapat menemukan aplikasi ini pada kanal Game Store.

Lewat aplikasi ini, pengguna Switch dapat menikmati video streaming baik dalam kondisi menggunakan dock yang tersambung ke televisi, maupun tidak.

Sementara untuk fungsi kontrol, pengguna harus menggunakan joy-con untuk memilih menu, mencari video, dll., karena fungsi layar sentuh dalam aplikasi ini sangat dibatasi.

Baca juga: YouTube Miniplayer Mulai Tersedia di Browser

YouTube untuk Nintendo Switch telah mulai tersedia sejak 8 November kemarin. Kehadiran layanan video streaming ini pertama kali diketahui oleh beberapa anggota forum yang tengah mencari game di website Nintendo.

Sebelum YouTube Switch dirilis, pengguna konsol hanya memiliki setidaknya dua pilihan aplikasi video streaming, yakni Hulu dan Niconico.

Sejak dirilis pada Maret 2017 lalu, konsol Nintendo Switch memang sama sekali tidak memiliki aplikasi pemutar video streaming pada platformnya. Hulu dan Niconico sendiri baru dirilis pada akhir 2017 lalu.

Dikutip KompasTekno dari Engadget, Sabtu (10/11/2018), dengan dirilisnya YouTube pada konsol Switch, diramalkan dapat memberi keuntungan yang lebih besar untuk Google (pemilik YouTube).

Pasalnya Nintendo Switch memiliki basis pengguna yang besar dan penjualannya bahkan diprediksi dapat mengalahkan PlayStation 4.

Baca juga: Penjualan Nintendo Switch Diprediksi Lewati PS4

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com