Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Bangun Laboratorium IoT X-Camp, Diklaim Terlengkap di Indonesia

Kompas.com - 13/11/2018, 15:48 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata membangun laboratorium Internet of Things (IoT), sebagai wadah para pengembang aplikasi dan pelaku industri bersama-sama membuat solusi yang terintegrasi.

Laboratorium IoT yang diberi nama X-Camp tersebut diresmikan pada Selasa (13/11/2018) oleh CEO XL Axiata, Dian Siswarini; Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; serta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di kantor pusat XL di Jakarta.

Laboratorium tempat pengembangan berbagai solusi berbasis IoT ini diklaim XL Axiata sebagai yang terlengkap yang dimiliki oleh operator seluler di Indonesia.

Baca juga: XL Rilis 4 Paket Apps Booster untuk Streaming Tanpa Batas Kuota

"Ini bukan klaim kosong, sudah dicek satu-satunya lab IoT yang tergabung dengan GSMA Mobile IoT Open Lab Alliance di Asia Tenggara," ujar Dian dalam acara peresmian.

Salah satu keuntungan X-Camp tergabung dalam aliansi tersebut, menurut Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, adalah akses terhadap informasi yang dibagikan oleh operator-operator seluler lain di dunia dan akses pasar.

"(Solusi) yang dihasilkan dari lab bisa masuk pasar aliansi," ujar Yessie.

Mencetak 20.000 talenta digital

Laboratorium X-Camp XL Axiata ini didukung oleh beberapa rekanan dari berbagai pihak, seperti pengembang aplikasi Dycode, Nokia Indonesia, serta dukungan berbagai Universitas di Indonesia yang menyiapkan sumber dayanya.

Dari kiri ke kanan: Menkominfo Rudiantara, CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto dalam peresmian X-Camp di kantor XL Axiata, Selasa (13/11/2018).KOMPAS.com/ RESKA KOKO NISTANTO Dari kiri ke kanan: Menkominfo Rudiantara, CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto dalam peresmian X-Camp di kantor XL Axiata, Selasa (13/11/2018).

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung pusat inovasi yang dibangun XL ini, karena turut mendukung program Making Industry 4.0 yang digalakkan pemerintah.

Inisiasi ini menargetkan Indonesia sebagai negara yang tergabung dalam 10 besar ekonomi dunia, salah satunya adalah lewat industri yang berbasis teknologi.

Baca juga: IoT Bisa Jadi Penyambung Nafas untuk Operator Seluler di Indonesia

Sementara Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa X-Camp XL Axiata ini sejalan dengan program Menkominfo yang ingin mencetak 20.000 digital talent pada 2019 mendatang.

Sebanyak 20.000 talenta digital setingkat teknisi itu akan dilatih dan diberi sertifikat, supaya bisa bekerja di perusahaan teknologi besar maupun industri startup di Indonesia.

Selain itu, pemerintah juga akan menyiapkan pelatihan talenta digital Indonesia untuk posisi C-Level (tingkat pimpinan), bekerja sama dengan grup Alibaba lewat program 1.000 C-Level.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com