Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Controller" Dual Shock PlayStation Bakal Dibekali Layar Sentuh?

Kompas.com - 13/11/2018, 18:07 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Reddit.com

KOMPAS.com - Sony dikabarkan akan memperbarui fitur dan teknologi pada controller DualShock milik konsol game PlayStation. DualShock teranyar nantinya mungkin bakal dilengkapi dengan teknologi layar sentuh.

Hal tersebut terungkap dari sebuah paten yang diajukan Sony pada Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Dalam dokumen pengajuan paten itu, tercantum rancangan perangkat dan keterangan bertuliskan "gaming controller", beserta rincian yang menjelaskan bahwa akan ada komponen layar sentuh yang disematkan dalam desain.

"Layar sentuh diletakkan di sepanjang permukaan atas badan utama antara ekstensi pertama dan ekstensi kedua," tulis Sony dalam dokumen terkait.

Baca juga: Sony Luncurkan PlayStation Classic, Harga Rp 1 Jutaan

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (13/11/2018), besar kemungkinan controller ini akan hadir bersamaan dengan konsol generasi terbaru, sebut aja PlayStation 5. Konsol ini diprediksi baru akan meluncur pada 2020 mendatang. 

Namun tak menutup kemungkinan controller dengan layar sentuh ini akan hadir sebelum 2020 dan dapat digunakan pada konsol PlayStation 4. 

Kendati demikian tidak dijelaskan secara detail seperti apa layar sentuh yang bakal disematkan Sony pada sang controller. Pihak Sony pun masih belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait kabar ini.

Controller DualShock 4 milik konsol PlayStation 4 yang ada sekarang sejatinya sudah memiliki panel sentuh berupa touchpad di bagian permukaan controller. Letaknya tepat di atas stick analog dan membagi antara tombol kiri dan kanan.

Baca juga: Ini Dia, 20 Game Ikonik yang Akan Hadir di PlayStation Classic

Namun wujudnya bukan berupa layar yang bisa menampilkan gambar, melainkan hanya sebuah panel yang fungsinya sama dengan touchpad pada laptop. Gestur gerakan jari yang dapat dibaca oleh panel ini pun cukup terbatas.

Jika paten di atas kemudian direalisasikan oleh Sony, maka hal tersebut bakal jadi pembaruan besar untuk sebuah controller DualShock.

Tapi perlu diingat bahwa, meski paten tersebut telah diajukan, belum dapat dipastikan kapan Sony akan mulai menggarap controller terbaru ini, kalaupun nantinya benar-benar akan diwujudkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reddit.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com