Giliran Apple Patenkan Desain iPhone dengan Kamera Tertanam di Layar

Kompas.com - 14/11/2018, 08:09 WIB
Ilustrasi perangkat ponsle dengan kamera yang tertanam di lubang layar, dalam dokumen paten Apple. Apple/ USPTOIlustrasi perangkat ponsle dengan kamera yang tertanam di lubang layar, dalam dokumen paten Apple.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Para pembuat smartphone terus berupaya melebarkan ukuran layar perangkat dan menipiskan bagian bingkai alias bezel di sekelilingnya.

Salah satu cara terbaru adalah dengan menanam kamera depan di dalam “lubang” di balik layar, sebagai ganti notch alias “poni”.

Apple pun agaknya tak mau ketinggalan dan belakangan diketahui mematenkan desain iPhone dengan layar berlubang. Padahal, Apple sebelumnya adalah pencetus tren layar berponi melalui iPhone X.

Paten iPhone dimaksud diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada Juni lalu, dan disetujui pada 8 November.

Baca juga: Tren Layar Smartphone, dari Poni, Kamera Tersembunyi, Hingga "Lubang"

Di dalam dokumen paten berjudul Integrated Camera Window itu terdapat ilustrasi perangkat. Dari sini terlihat bahwa lubang untuk memuat kamera depan berada di pojok kanan atas layar.

Kamera tersebut bakal dilapis kaca tangguh seperti aluminium silicate glasss (DVTS) bikinan Corning, sang pembuat kaca anti-gores Gorilla Glass, sehingga tertanam di balik (kaca) layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain kamera, tak dijelaskan komponen apa lagi yang akan dimuat di dalam lubang layar tersebut, misalnya proximity sensor atau earpiece. Dengan menanam kamera di dalam layar, iPhone pun bisa tampil tampil tanpa bingkai.

Tak hanya untuk ponsel

iPhone X, XS, XS Max, dan XR sekarang pun sebenarnya memiliki layar berbingkai tipis, kecuali untuk bagian notch yang masih diperlukan untuk rumah kamera.

Karena masih berupa paten, belum tentu konsep kamera tertanam di layar ini bakal benar-benar diterapkan pada ponsel, misalnya jajaran iPhone untuk tahun 2019.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.