Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OS Android Berikutnya Bisa Jalankan Dua Aplikasi di 1 Layar

Kompas.com - 15/11/2018, 08:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber digit.in

KOMPAS.com - Smartphone Android kini sudah mendukung fitur “Split Screen”, memungkinkan pengguna mengakses dua aplikasi sekaligus. Hanya saja, fitur tersebut belum bisa dikatakan sempurna.

Pasalnya, pengguna tak bisa mengoperasikan keduanya secara simultan. Satu aplikasi pasti akan berjeda (pause) sementara yang lainnya aktif.

Google paham kegundahan masyarakat akan Split Screen, sehingga mengembangkannya lebih lanjut pada Android Q melalui fitur “Multi-Resume”. Hal tersebut diumbar VP Engineering Google, Dav Burke, di ajang Google Developer Summit.

Multi-Resume juga merupakan bentuk dukungan Andorid Q ke ponsel lipat yang diprediksi menjadi tren 2019. Pengguna benar-benar disuguhkan pengalaman multi-tasking yang hakiki.

Pengguna bisa memutar video YouTube di satu jendela, mengobrol maya via aplikasi pesan singkat di jendela kedua, serta berselancar di media sosial di jendela lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (15/11/2018), dari Digit.in.

Baca juga: Menengok 10 Tahun Evolusi Android, dari “Cupcake” Hingga “Pie”

Tentu saja fitur ini bukan untuk semua orang, sehingga penerapannya pun opsional. Ada beberapa orang yang malah kebingungan ketika harus multi-tasking.

Terlepas dari itu, Google dari tahun ke tahun konsisten meningkatkan kemampuan multi-tasking di Android. Agaknya ini menjawab kebutuhan sebagian masyarakat modern yang ingin semuanya serba-cepat dan serba-sekaligus.

Google pertama kali memperkenalkan “Multi-Window” di Android Nougat yang bisa berbentuk “Split-Screen” atau “Freeform”. Lalu di Android Oreo dimunculkan fitur “Picture-in-Picture”. Selanjutnya, kita tunggu saja bagaimana “Multi-Resume” membantu kehidupan masyarakat modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber digit.in

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com