Marah, Zuckerberg Minta Petinggi Facebook Ganti iPhone dengan Android

Kompas.com - 16/11/2018, 15:31 WIB
Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017).Paul Marotta / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017).

KOMPAS.com - Saat skandal penyalahgunaan data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica mencuat awal 2018 lalu, CEO Apple, Tim Cook mengeluarkan kritikan pedas. Tak hanya untuk Facebook, tapi juga sang CEO, Mark Zuckerberg.

Kritikan yang disampaikan Cook tidak diterima dengan lapang dada oleh Zuckerberg.
Bos besar Facebook ini menyebut jika Cook hanya pandai berbicara. Saking marahnya, Zuckerberg meminta jajaran eksekuktif Facebook untuk menggunakan ponsel Android ketimbang iPhone.

Amarah Zuckerberg terhadap Cook disinyalir dipicu dari pernyataan Cook dalam sebuah wawancara bersama Recode beberapa waktu lalu.

Ketika Cook ditanya apa yang akan dilakukan jika dirinya berada di posisi Zuckerberg terkait skandal Cambridge Analytica, Cook menjawab "Apa yang akan saya lakukan? Saya tidak akan berada di situasi ini".

Tanggapan tersebut dilontarkan Cook untuk mengkritik model monetisasi Facebook. Ia pun sesumbar jika Apple bisa saja melakukan hal yang sama dengan Facebook.

Baca juga: Bos Apple Sindir Facebook soal Kebocoran Data

"Jika kami memonetisasi pelanggan kami—jika pelanggan kami adalah produk kami, maka kami bisa saja menghasilkan uang yang banyak. Tapi kami memilih untuk tidak melakukannya," kata Cook.

Cook memang dikenal galak soal privasi data pengguna. Dalam berbagai kesempatan, Cook meminta adanya regulasi privasi yang akan berimbas ke bisnis jejaring sosial yang mengandalkan iklan seperti Facebook.

Saling sindir sejak lama

Sebelum isu Cambridge Analytica, Cook sudah lama menyindir model bisnis Facebook. Tahun 2014 lalu misalnya, ia mengeluarkan pernyataan "ketika layanan jejaring sosial online bisa Anda gunakan cuma-cuma, Anda bukanlah pelanggan. Anda adalah produk".

Dalam kesempatan lain, Zuckerberg menganggap jika sindiran tersebut bukan ditujukan untuk Facebook melainkan Google, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Business Insider, Jumat (16/11/2018).

Zuckerberg merasa bingung dengan banyak orang yang mengaggap model bisnis iklan tidak sejalan dengan pengguna.

"Saya pikir itu konsep paling konyol. Anda pikir karena Anda membeli Apple, entah bagaimana Anda merasa sejalan dengan mereka? Jika anda sejalan dengan mereka, maka mereka akan membuat produk lebih murah!", jelas Zuckerberg.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X