Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Destinasi Seoul yang Wajib Dikunjungi Para "Tech-Savvy"

Kompas.com - 17/11/2018, 20:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Selain pop culture yang mendunia, Korea Selatan juga dikenal sebagai negara berteknologi canggih. Ibukota Seoul bahkan dinobatkan sebagai “the most wired city in the world” (kota paling terkoneksi).

Tak heran jika konsep hunian cerdas (smarthome) sudah lazim di Seoul. Sekitar 80 persen apartemen di sana telah mengandalkan sistem perangkat terhubung yang praktis dan efisien.

Lalu-lalang robot pun menjadi pemandangan wajar ketika pertama kali menginjakkan kaki di Bandara Internasional Incheon, Seoul. Mereka menyambut para pelancong dan siap sedia memberikan informasi yang dibutuhkan.  

KompasTekno merasakan langsung kentalnya budaya teknologi di Seoul saat bertandang ke sana pada akhir Oktober lalu, dalam rangkaian program "KOMPAS.com TechTrip".

Berikut beberapa tempat yang kami kunjungi, sebagai rekomendasi bagi para pecinta teknologi atau kerap disebut “tech-savvy”.

1. Wahana Virtual Reality (VR)

Memanfaatkan wahana di salah satu kafe VR di Seoul.Lulu Cinantya/kompas.com Memanfaatkan wahana di salah satu kafe VR di Seoul.

Tak sulit menemukan kafe dan taman bermain VR di area-area populer di Seoul. Agaknya masyarakat Seoul sudah terbiasa dengan suguhan visual 360 derajat yang semakin mengaburkan batas antara dunia virtual dan dunia nyata.

KompasTekno bertandang ke salah satu wahana VR bernama “Hit VR” di Hongdae. Pengunjung mula-mula diminta menaruh barang di loker, lantas bisa memilih paket wahana yang diinginkan.

Harganya mulai 12.000 won (Rp 160.000-an) untuk mencoba satu wahana. Kami mencoba wahana roller coaster, di mana pengalaman visual yang disuguhkan membuat kami merasa benar-benar berada di theme park yang luas.

Kursi yang kami duduki pun dibuat berputar 160 derajat, sehingga ketegangannya tak kalah hebat. Tempat ini buka mulai jam 13.00 hingga 22.00 waktu setempat

2. Museum Trickeye dengan teknologi Augmented Reality (AR)

Teknologi AR di Museum Trickeye, Seoul.Michael Prajanto Teknologi AR di Museum Trickeye, Seoul.

Masih di area Hongdae, ada satu tempat lagi yang wajib masuk daftar destinasi di Seoul. Tak lain adalah Museum Trickeye yang sebenarnya ada pula di Singapura dan pernah dibuka untuk sementara di Jakarta.

Bedanya, Museum Trickeye di Seoul tak cuma menghadirkan seni visual yang mengelabui mata, tetapi juga dilengkapi teknologi AR untuk menambah keseruan.

Misalnya saja ketika berdiri di lukisan yang membuat KompasTekno seakan tengah berada di sungai, teknologi AR memunculkan kuda virtual yang bersayap dan apik untuk difoto.

Tiket per orang untuk masuk ke Museum Trickeye di Hongdae dibanderol 15.000 won (Rp 196.000-an). Bukanya mulai jam 09.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com