7 Destinasi Seoul yang Wajib Dikunjungi Para "Tech-Savvy" - Kompas.com

7 Destinasi Seoul yang Wajib Dikunjungi Para "Tech-Savvy"

Kompas.com - 17/11/2018, 20:42 WIB
Galaxy Note 9 bisa diandalkan untuk memotret dan vlogging, menggantikan kamera profesionalLulu Cinantya/kompas.com Galaxy Note 9 bisa diandalkan untuk memotret dan vlogging, menggantikan kamera profesional

SEOUL, KOMPAS.com - Selain pop culture yang mendunia, Korea Selatan juga dikenal sebagai negara berteknologi canggih. Ibukota Seoul bahkan dinobatkan sebagai “the most wired city in the world” (kota paling terkoneksi).

Tak heran jika konsep hunian cerdas (smarthome) sudah lazim di Seoul. Sekitar 80 persen apartemen di sana telah mengandalkan sistem perangkat terhubung yang praktis dan efisien.

Lalu-lalang robot pun menjadi pemandangan wajar ketika pertama kali menginjakkan kaki di Bandara Internasional Incheon, Seoul. Mereka menyambut para pelancong dan siap sedia memberikan informasi yang dibutuhkan.  

KompasTekno merasakan langsung kentalnya budaya teknologi di Seoul saat bertandang ke sana pada akhir Oktober lalu, dalam rangkaian program "KOMPAS.com TechTrip".

Berikut beberapa tempat yang kami kunjungi, sebagai rekomendasi bagi para pecinta teknologi atau kerap disebut “tech-savvy”.

1. Wahana Virtual Reality (VR)

Memanfaatkan wahana di salah satu kafe VR di Seoul.Lulu Cinantya/kompas.com Memanfaatkan wahana di salah satu kafe VR di Seoul.

Tak sulit menemukan kafe dan taman bermain VR di area-area populer di Seoul. Agaknya masyarakat Seoul sudah terbiasa dengan suguhan visual 360 derajat yang semakin mengaburkan batas antara dunia virtual dan dunia nyata.

KompasTekno bertandang ke salah satu wahana VR bernama “Hit VR” di Hongdae. Pengunjung mula-mula diminta menaruh barang di loker, lantas bisa memilih paket wahana yang diinginkan.

Harganya mulai 12.000 won (Rp 160.000-an) untuk mencoba satu wahana. Kami mencoba wahana roller coaster, di mana pengalaman visual yang disuguhkan membuat kami merasa benar-benar berada di theme park yang luas.

Kursi yang kami duduki pun dibuat berputar 160 derajat, sehingga ketegangannya tak kalah hebat. Tempat ini buka mulai jam 13.00 hingga 22.00 waktu setempat

2. Museum Trickeye dengan teknologi Augmented Reality (AR)

Teknologi AR di Museum Trickeye, Seoul.Michael Prajanto Teknologi AR di Museum Trickeye, Seoul.

Masih di area Hongdae, ada satu tempat lagi yang wajib masuk daftar destinasi di Seoul. Tak lain adalah Museum Trickeye yang sebenarnya ada pula di Singapura dan pernah dibuka untuk sementara di Jakarta.

Bedanya, Museum Trickeye di Seoul tak cuma menghadirkan seni visual yang mengelabui mata, tetapi juga dilengkapi teknologi AR untuk menambah keseruan.

Misalnya saja ketika berdiri di lukisan yang membuat KompasTekno seakan tengah berada di sungai, teknologi AR memunculkan kuda virtual yang bersayap dan apik untuk difoto.

Tiket per orang untuk masuk ke Museum Trickeye di Hongdae dibanderol 15.000 won (Rp 196.000-an). Bukanya mulai jam 09.00 hingga 21.00 waktu setempat.

3. Yongsan Electronic Market

Bertandang ke Yongsan Electronic Market, area ritel elektronik terbesar di Seoul.Lulu Cinantya/Kompas.com Bertandang ke Yongsan Electronic Market, area ritel elektronik terbesar di Seoul.

Area ritel ini tampak seperti Glodok atau Mangga Dua, hanya saja lebih luas. Sekitar 20 bangunan dan 5.000 toko elektronik menjajakan barang baru maupun bekas, mulai dari komputer dan komponennya, VGA, sistem audio, konsol game, smartphone, hingga perintilan semacam adaptor.

Jika ke sini, pastikan sudah riset harga terlebih dahulu. Sebab, banyak perangkat yang lebih murah ketimbang di Indonesia, tetapi ada pula yang justru lebih mahal.

Baca juga: TechTrip #1, Bertandang ke Yongsan Market, Mangga Dua-nya Seoul

Salah satu yang paling signifikan, kamera Blackmagic URSA Mini 4k di Yongsan hanya dibanderol 3,58 juta won (Rp 47,7 juta). Padahal, di Indonesia bisa didapat seharga Rp 55,2 juta atau lebih mahal sekitar Rp 7 jutaan.

4. Samsung D’Light

Samsung DLightLulu Cinantya/kompas.com Samsung DLight

Jika berkunjung ke area Gangnam yang “berkelas”, sempatkan mendatangi “Samsung D’Light”. Gedung tiga lantai ini merupakan tempat eksebisi produk teranyar Samsung, inovasi teknologi masa depan, serta arena bermain.

Di lantai pertama, pengunjung bisa menjajal langsung dan membeli berbagai produk keluaran Samsung.

Di lantai kedua, pengunjung akan diberikan gelang NFC untuk mencoba beberapa permainan yang sebenarnya merupakan tes kepribadian canggih.

Di lantai ketiga, pengunjung diajak untuk melihat seperti apa kehidupan modern di masa depan yang serta-merta mengandalkan teknologi canggih. Hanya saja, di lantai ini tak boleh ada kamera untuk membidik atau merekam video.

Baca juga: TechTrip #1, Bermain Sambil Memahami Kepribadian lewat Teknologi

5. Romi Bot

Dibuatkan kopi oleh robot di Seoul.Lulu Cinantya/kompas.com Dibuatkan kopi oleh robot di Seoul.

Cuaca dingin di Seoul membuat hasrat untuk minum secangkir kopi hangat terasa pas. Apalagi jika kopinya dibikin robot cerdas yang tangkas, sehingga tak perlu lagi ada istilah antre.

Di Romi Bot, pengunjung yang sudah tak sabar minum kopi bisa memesan menu yang diinginkan via aplikasi “Beat” yang tersedia di Android dan iOS. Pemesanan bisa dilakukan ketika masih di kereta atau tengah berjalan kaki menuju Romi Bot.

Pembayaran pun bisa dilakukan via aplikasi. Jadi, ketika sampai di Romi Bot, kopi sudah siap saji. Salah satu keunggulan robot, rasa minuman akan terstandardisasi.

Tak ada yang namanya minuman kemanisan atau kepahitan karena orang yang menyajikan sedang tak fokus.

6. Museum SK Telecom

Sesuai namanya, museum ini dimiliki oleh operator telekomunikasi terbesar di Korea Selatan, yakni SK Telecom. Di dalamnya terbagi menjadi dua bagian untuk dieksplor.

Bagian pertama menunjukkan bagaimana teknologi telekomunikasi saat ini berpengaruh terhadap inovasi-inovasi yang memudahkan kehidupan manusia. Lantas di bagian kedua memamerkan teknologi masa depan yang lebih canggih.

Untuk berkunjung ke sini, tak ada biaya yang dipungut. Hanya saja, pengunjung harus memesan secara online via situs SK Telecom kira-kira satu bulan hingga dua pekan sebelum kunjungan.

7. Line Store

Berkunjung ke Line Store di Seoul.Lulu Cinantya/Kompas.com Berkunjung ke Line Store di Seoul.

Sama seperti wahana VR, Line Store pun berjamuran di Seoul. Jika ingin mencari oleh-oleh dari Seoul, Line Store bisa menjadi salah satu alternatif.

Line Store menyediakan boneka, alat tulis, baju, botol minuman, hingga speaker dan kue yang desainnya terinspirasi dari karakter stiker di aplikasi chatting Line.

Diketahui, Line didirikan oleh perusahaan Jepang bernama “NHN Corporation” pada 2011 lalu. NHN Corporation itu tak lain merupakan anak bisnis dari raksasa Korea Selatan, yakni “Naver”.

Untuk melihat seperti apa keseruan KompasTekno ketika bertandang ke Seoul, berikut terangkum dalam vlog.

Program TechTrip Kompas.com merupakan hasil kerja sama redaksi KompasTekno dan Samsung Indonesia dengan produk terbarunya, Galaxy Note 9 #powerfulgeneration.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:


Close Ads X