Kompas.com - 18/11/2018, 17:04 WIB

KOMPAS.com - Posisi PewDiPie yang memiliki subscriber (pelanggan) terbanyak di dunia terancam oleh salah satu studio musik terbesar di India bernama T-Series. Untuk saat ini, baik akun YouTube PewDiePie dan T-Series sama-sama memiliki 70 juta subscriber.

Lebih tepatnya, ketika berita ini ditulis, PewDiePie memiliki total 70.572.371 sementara T-series memiliki 70.225.942 subscriber.

PewDiepie memang masih unggul saat ini, tapi diprediksi, dalam beberapa pekan ke depan, tahta PewDiePie sebagai raja YouTuber akan direbut T-Series.

Jumlah subscriber T-Series saat ini sudah cukup menjadikannya kanal non-berbahasa Inggris nomor satu di dunia. Jika ditilik dari jumlah video dan penonton (views), YouTuber asal Swedia itu masih tertinggal.

Dilansir dari Social Blade, hingga Oktober 2018 jumlah unggahan PewDiePie 3.700 dengan jumlah penonton 19.176.556.537, sedangkan kanal T-Series mengunggah 12.8000 video dengan jumlah penonton 53.272.160.398.

Statistik kanal YouTuber PewDiePie vs T-SeriesSocial Blade Statistik kanal YouTuber PewDiePie vs T-Series

Pergerakan jumlah subscriber T-Series cukup gesit. Awal tahun ini, label musik Bollywood itu memiliki 30 juta subscriber. Jumlah ini hanyalah sebagian kecil dari setengah jumlah subscriber PewDiePie. Namun dalam waktu satu bulan, jumlah subscriber T-series bertambah tiga juta.

"Era digital ini sangat fantastis," aku Chief Executive Officer T-Series, Bhushan Kumar.

"Ini (era digital) memberikan kami popularitas. Memberikan kami pengakuan", imbuhnya, sebagaimana KompasTekno lansir dari Bloomberg, Minggu (18/11/2018).

Namun jika ditarik lebih ke belakang, sejak memiliki kanal di youTube tahun 2011, pertumbuhannya sangat lamban. Baru setahun setelahnya, subscriber YouTube T-Series melampaui satu juta, menjadikannya salah satu kanal YouTube di India pertama yang meraih prestasi tersebut.

Menyadari efektivitas YouTube sebagai medium promosi, T-Series kini selalu mengunggah musik barunya secara perdana di YouTube. YouTube kini menyumbang 20 hingga 25 persen dari penjualan T-Series, mendekati angka 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,4 triliun).

Baca juga: Punya 1 Juta Subscriber, Berapa Pendapatan YouTuber Bayu Skak?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.