Bug di Instagram Bikin Password Terpampang di Link URL

Kompas.com - 19/11/2018, 11:41 WIB
Ilustrasi Instagram .Ilustrasi Instagram

KOMPAS.com - Instagram mengirimkan pemberitahuan ke beberapa penggunanya bahwa password mereka kemungkinan telah diketahui pihak lain, karena bug kemanan.

Menurut juru bicara Instagram, masalah ini hanya diketahui oleh kalangan internal Instagram saja, dan hanya sejumlah pengguna saja yang terdampak.

Bug yang mengekspos password pengguna, terdapat di fitur Unduhan Data (Download Your Data) yang dirilis Instagram April lalu. Fitur ini dirilis untuk menyesuaikan peraturan General Data Protection Regulation (GDPR) yang diselenggarakan komisi Eropa.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunduh semua konten yang pernah diunggah, termasuk foto, video, stories, dan pesan.

Menurut Instagram, beberapa pengguna yang mengunduh datanya melalui fitur tersebut, akan mendapati password akunnya termuat di dalam link URL peramban web mereka, saat membuka informasi data pengguna.

Baca juga: Pendiri Instagram Dorong Media Sosial Diatur Demi Masa Depan Dunia

"Jika seseorang mengisi informasi log-in untuk menggunakan fitur Unduhan Data Instagram, mereka bisa melihat informasi password di URL halaman", jelas juru bicara Instagram.

Password tersebut tersimpan di server Facebook yang menginduki Instagram. Menurut salah satu periset keamanan kepada The Information, kebocoran password hanya bisa terjadi jika Instagram menyimpan password dalam teks biasa (tidak dienkripsi), yang artinya bisa menjadi masalah kemanan lebih besar untuk perusahaan.

Namun perwakilan Instagram membantahnya. Ia mengatakan bahwa pihaknya melakukan fungsi hash dan salt kriptografi untuk menyimpan password pengguna.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (19/11/2018), Instagram telah memperbaiki fitur Unduh Data, sehingga tidak akan lagi mengumbar password pengguna.

Instagram juga meminta pengguna untuk segera mengganti password sebagai tindakan pencegahan.

"Informasi ini tidak terekspos ke orang lain dan kami telah membuat perubahan, sehingga kejadian ini tidak akan lama terjadi," kata juru bicara Instagram.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X